Dandim 0825 Banyuwangi Hadiri Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-96 dengan Tema “Maju Bersama Indonesia Raya”

Banyuwangi – jurnalpolisi.id

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menyelenggarakan Upacara Bendera untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-96 yang berlangsung di halaman Kantor Pemda Banyuwangi, Jalan A. Yani Nomor 100. Dengan mengusung tema Maju Bersama Indonesia Raya, acara ini dihadiri oleh sekitar 200 peserta dari berbagai elemen masyarakat dan pemerintahan, termasuk Dandim 0825/Banyuwangi, Letkol Arh Joko Sukoyo, S.Sos., M.Han.(Senin,28/10/2024)

Upacara dimulai pukul 07.00 WIB dan dipimpin langsung oleh H. Sugirah, S.Pd., M.Si., selaku Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Banyuwangi yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Dalam amanatnya, Sugirah membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Ario Bimo Nandito Ariotedjo, yang menekankan pentingnya peran pemuda dalam pembangunan nasional dan pencapaian visi Indonesia Emas 2045.

Hadir dalam upacara ini sejumlah pejabat penting di antaranya Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi Dr. Guntur Piyambodo, MPH, Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Rama Samtama Putra, S.I.K., M.Si., M.H., Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Hafidz, M.Tr.Opsla, serta pimpinan partai politik, FKUB, veteran, dan sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda.

Upacara berlangsung dengan khidmat, dimulai dengan pengibaran Bendera Merah Putih yang dipimpin oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Banyuwangi. Para peserta upacara juga diajak untuk mengenang nilai-nilai luhur Sumpah Pemuda 1928 yang mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa di tengah kemajemukan.

Dalam amanatnya, Plt. Bupati Banyuwangi menyampaikan pesan dari Menpora tentang pentingnya pemuda sebagai motor penggerak pembangunan nasional. Capaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) tahun 2024 berada di angka 56,33 persen, dan pemerintah berkomitmen untuk terus meningkatkan angka ini melalui pengembangan potensi dan pemberdayaan pemuda di seluruh daerah.

Upacara ditutup dengan doa bersama dan lagu “Bangun Pemudi Pemuda” yang dinyanyikan oleh seluruh peserta upacara.(Boby)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *