Berikan Himbauan dalam Rangka Ops Zebra Seligi 2024, Sat Lantas Polresta Barelang Ajak Pengemudi Truk Barang Tertib Berlalu Lintas.

Batam, jurnalpolisi.id

Polresta Barelang melalui Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) kembali menggelar Operasi Zebra Seligi 2024, dengan fokus utama memberikan edukasi tentang keselamatan berlalu lintas kepada masyarakat. Operasi ini dilaksanakan untuk menanamkan pentingnya berkendara yang aman dan sesuai aturan, terutama bagi pengemudi kendaraan berat seperti truk barang. Kegiatan sosialisasi ini berlangsung pada Senin (21/10/2024).

Dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polresta Barelang, AKP Afiditya Arief Wibowo, S.I.K., M.H., operasi ini mengunjungi beberapa perusahaan di Batam, yaitu PT. Global Project Logistik, PT. WSL Batam, dan PT. SNEPAC Batam.

Dalam operasi ini, Kasat Lantas beserta jajarannya mengedepankan pendekatan preemtif dan preventif, dengan tujuan utama memberikan sosialisasi tentang keselamatan berlalu lintas.

Kasat Lantas AKP Afiditya Arief Wibowo menjelaskan bahwa pihaknya secara aktif memberikan edukasi kepada para pengemudi truk dan trailer tentang rambu-rambu lalu lintas dan tata cara berkendara yang baik di jalan raya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan himbauan agar setiap pengemudi memeriksa dan melengkapi kendaraan mereka dengan peralatan keselamatan, seperti kotak P3K, segitiga pengaman, lampu rem yang berfungsi dengan baik, serta plat nomor yang jelas dan sesuai standar.

Sebagai bagian dari upaya meningkatkan visibilitas dan keamanan di jalan raya, Sat Lantas juga memasang stiker Scootlite berwarna kuning pada bagian belakang kendaraan berat. Stiker ini diharapkan dapat membantu pengendara lain lebih berhati-hati saat berkendara di sekitar truk dan kendaraan besar lainnya.

Masyarakat dihimbau untuk selalu mempersiapkan diri dengan baik sebelum berkendara, memastikan bahwa kendaraan mereka layak jalan, dan selalu mematuhi peraturan lalu lintas demi keselamatan bersama. Kasat Lantas menegaskan bahwa sosialisasi dan himbauan akan terus diberikan selama berlangsungnya Operasi Zebra Seligi 2024 ini, dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk lebih patuh dan tertib dalam berkendara,” ujar Kasat Lantas AKP Afiditya Arief Wibowo, S.I.K., M.H,. “Semua elemen masyarakat diharapkan turut serta mematuhi aturan lalu lintas demi keselamatan bersama di jalan,” pungkasnya.

(Sahril JPN/Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *