Apel Gelar Pasukan Tanda Dimulainya Operasi Zebra Candi 2024 di Purbalingga

PurbaIingga -jurnalpolisi.id

Polda Jateng | Kapolres Purbalingga AKBP Rosyid Hartanto memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi 2024 di halaman Mapolres Purbalingga, Senin (14/10/2024). Apel diikuti personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP dan dinas perhubungan.

Kapolres Purbalingga dalam amanatnya membacakan amanat Kapolda Jateng Irjen Pol Ribut Hari Wibowo yang isinya antara lain apel gelar pasukan merupakan bukti kesiapan dan keseriusan dalam melaksanakan Operasi Zebra Candi 2024.

“Dalam mengatasi permasalahan di bidang lalu lintas, kita perlu menyadari bahwa hal ini komplek dan tidak mudah. Namun, sinergi dengan berbagai pihak terkait sangat diperlukan untuk menangani masalah keselamatan dalam berlalu lintas,” kata Kapolres membacakan amanat.

Disampaikan bahwa pada pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2023, jumlah kejadian kecelakaan lalu lintas di Jawa Tengah menurun dari 720 kejadian di tahun 2022 menjadi 618 kejadian di 2023. Jumlah korban meninggal juga mengalami penurunan dari 33 orang menjadi 17 orang.

Sedangkan pelanggaran lalu lintas pada tahun 2023 diperoleh data sejumlah 85.918 pelanggaran. Dari jumlah tersebut jumlah tilang sebanyak 28.730 lembar dan teguran 57.188 lembar.

“Operasi Zebra Candi 2024 berlangsung selama 14 hari terhitung mulai tanggal 14 sampai dengan 27 Oktober 2024. Tema operasi Melalui Operasi Zebra Candi 2024 Mendukung Suksesnya Pelantikan Presiden Terpilih Serta Mengajak Masyarakat Tertib Lalu Lintas Demi Terwujudnya Kamseltibcarlantas Yang Aman dan Nyaman,” kata Kapolres.

Lebih lanjut disampaikan harapan dari pelaksanaan operasi ini yaitu bisa menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

“Operasi Zebra Candi 2024 merupakan jenis operasi harkamtibmas bidang lalu lintas yang mengedepankan giat edukatif dan persuasif serta humanis didukung gakkum secara elektronik baik statis maupun mobile dan teguran simpatik dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” tegasnya.

Apel ditandai dengan penyematan pita tanda operasi oleh Kapolres Purbalingga kepada perwakilan personel dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan. Usai apel dilaksanakan sosialisasi terpadu tertib lalu lintas di simpang empat patung Jenderal Besar Soedirman.

( Arif JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *