Warga Binaan BerbondongBondong Lakukan Aksi Nyata Olah Limbah Plastik Jadi Produk Bernilai Ekonomis

Tanggamus – jurnalpolisi.id

Plastik sekali pakai sangat mendominasi menjadi limbah hampir di seluruh tempat pembuangan akhir. Padahal, limbah plastik bisa kembali menjadi produk bernilai ekonomis jika diolah dengan tepat, seperti yang dilakukan oleh belasan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kotaagung pada Jumat (13/9/2024).

Limbah plastik dikumpulkan dari rumah sampah Lapas Kotaagung untuk diolah menjadi produk bernilai jual oleh 25 warga binaan di Aula Barat Lapas Kotaagung. Didampingi langsung oleh Soni Octariza yang merupakan pelaku UMKM limbah plastik, warga binaan diajarkan bagaimana cara mengolah limbah plastik menjadi bahan baku untuk dapat dibuat produk bernilai guna.

Mulai dari proses pemilahan, pencucian, pengeringan, sampai dengan proses pembuatan bahan dasar setengah jadi. Bahan dasar inilah yang bisa diolah lebih lanjut menjadi berbagai produk seperti tas belanja, topi, tatakan gelas, rak sepatu, kotak pensil, dan produk ekonomis lainnya.

Kegiatan pengolahan limbah plastik di Lapas Kotaagung ini merupakan salah satu pembinaan kemandirian yang digelar oleh Kasi. Binadik dan Giatja Ardeli Permata dan jajaran Subseksi Kegiatan Kerja bekerja sama dengan Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan, dan UKM kabupaten Tanggamus.

(Helmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *