Upaya Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat, TP PKK Kecamatan Lembang Gelar Lomba Senam Germas Menuju Kecamatan Lembang Sehat

BANDUNG BARAT, jurnalpolisi.id

Masih dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 79 tahun, dan Hari Kesatuan Gerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Tim Penggerak PKK Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) gelar lomba senam kreasi gerakan masyarakat sehat (Germas), pada Sabtu (21/9/2024).

Adapun acara tersebut sangat meriah, dan masyarakat pun yang hadir sangat berantusias menyaksikan 160 peserta lomba dari 16 Desa di Kecamatan Lembang dalam menunjukkan kemampuannya.

Turut hadir dalam kegiatan upaya peningkatan pemberdayaan masyarakat itu, Camat Lembang Drs. Bambang Eko Setyowahjudi, Ketua TP PKK Kecamatan Lembang Hj. Maya Ekawati, Sekretaris Kecamatan Lembang H. M Ali Kurniawan, S.Ag MM beserta isterinya Hj Rina Kurniawan, perwakilan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) KBB, Kepala UPT KB Kecamatan Lembang Dadang Badrudin, Kepala Puskesmas Jayagiri Anwar, Kepala Puskesmas Cibodas H. Iyan Hartono dan Plt Kepala Desa Cibogo Abdul Syukur.

Selain menggelar kegiatan lomba senam kreasi Germas, pemberian penghargaan juga diberikan oleh Camat dan Ketua TP PKK Kecamatan Lembang kepada beberapa anggota kader PKK di wilayah Kecamatan Lembang yang telah mengabdikan dirinya di organisasi PKK lebih dari 25 tahun.

Disela-sela kegiatan itu, saat dikonfirmasi oleh awak media Camat Lembang Drs. Bambang Eko Setyowahjudi menyampaikan, bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah kolaborasi Pemerintah dengan TP PKK menuju Kecamatan Lembang Sehat.

“Kita mengadakan acara lomba senam kreasi Germas yang dilaksanakan oleh TP PKK di Kecamatan Lembang tujuannya kita mengajak warga masyarakat khususnya di 16 Desa yang ada di Lembang kita menuju Kecamatan Lembang sehat, bebas stanting atau zero stanting dan terciptanya Lembang menuju Gerakan Membangunan Masyarakat Lembang Yang Maju, Unggul, Sehat, Tertib, Indah, Kayungyun dan Agamis (Gerbang Mustika),” jelasnya.

Kegiatan ini memang sengaja dilakukan, sambung Bambang Eko memaparkan, masih dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 79 tahun.

“Dan yang terpenting, ini ada rangkaian Hari Kesatuan Gerak PKK ditingkat Kecamatan Lembang untuk menunjang Hari Kesatuan Gerak PKK tingkat Kabupaten Bandung Barat. Jadi, ini sengaja kita selenggarakan pesertanya 160 orang dari 16 Desa, kemudian dari supporter nya sangat banyak, diperkirakan sekitar 500 orang lebih disini. Dan ini baru pertama kali dilaksanakan,” ujarnya.

Terkait anggaran, Bambang Eko mengaku, bahwa kegiatan ini dilaksanakan dari hasil swadaya TP PKK Kecamatan Lembang dan sumbangan dari beberapa sponsor.

“Terus terang kita swadaya termasuk saya, karena Camat itu sebagai dewan penyantun PKK, jadi kita berikan bantuan dukungan sebagai stimulan. Jadi kalau menanyakan biaya, kita juga dapat dukungan dari beberapa sponsor seperti Indofood, KPSBU Lembang, Grafika, Orchid, Green Forest, Kopi Gunung Cikole dan lainnya, itu kita tidak menerima berupa uang, semua bentuknya berupa barang yang dijadikan doorprize, trophy dan penghargaan untuk masyarakat,” pungkasnya.

Selain itu, Bambang Eko menambahkan, makanan disini juga bersumber dari para donatur dan dermawan atas perhatiannya untuk kegiatan meningkatkan pemberdayaan masyarakat Lembang.

“Jadi kami haturkan banyak terimakasih,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Bambang Eko mengapresiasi kinerja Ketua TP PKK Kecamatan Lembang Hj Maya Ekawati yang telah menginisiasi kegiatan acara ini dari awal pelaksanaan, hingga suksesnya pelaksanaan kegiatan acara ini sampai selesai.

“Saya tertarik dengan ide dari Ketua TP PKK Kecamatan Lembang ini yang notabene nya juga isteri saya, pertama kader yang sudah berbakti dari tahun 1980an belum pernah dapat penghargaan dan belum pernah mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah, Pemerintah Kecamatan maupun Pemerintah Desa. Hari ini kita bersama TP PKK Kecamatan Lembang kasih penghargaan dan perhatian itu bahkan kita kasih cendramata, karena kita tahu kader-kader ini sangat berjasa untuk warga masyarakat, berbakti kepada lingkungannya, melayani kepentingan masyarakat tanpa pamrih,” bebernya.

Diketahui, pemberian penghargaan kepada para kader PKK yang sepuh baru pertama kali dilakukan oleh Kecamatan Lembang, termasuk ketua TP PKK yang menjadi teladan.

“Kader PKK yang kita berikan penghargaan dan perhatian itu usianya sudah sepuh, ada yang 60 tahunan bahkan ada yang 70 tahunan, salah satunya Ibu Asih dari Desa Cibodas yang umurnya sampai 80 tahunan. Dan alhamdulillah yang saya kagum ada salah satu Ibu dari Desa Kayuambon usianya sudah 76 tahun, beliau masih aktif sebagai kader PKK. Jadi kita menghargai, memberikan atensi, perhatian kepada para kader yang sudah sepuh ini karena memang selama ini belum ada perhatian,” imbuhnya.

Tak berhenti sampai disitu, Bambang Eko juga mengaku terinspirasi atas suksesnya kegiatan acara lomba senam kreasi Germas yang di inisiasi oleh Ketua TP PKK Kecamatan Lembang Hj Maya Ekawati. Ia mengungkapkan, bahwa akan mengadakan lomba antar Desa di tingkat Kecamatan Lembang.

“Saya ada rencana seperti jaman dulu, saya ingin mengembangkan Desa dengan mengadakan lomba Desa tingkat Kecamatan, memperebutkan semacam Pataka Purna Karya Nugraha dan uang pembinaan bagi pemenang. Itu semuanya adalah kemampuan Desa utamanya administrasi Desa nya, pembinaan BUMDes, pelaksanaan pembangunan, pemberdayaan masyarakat termasuk didalamnya adalah mengurangi angka stanting,” tuturnya.

Oleh karenanya, tujuan diselenggarakan lomba antar Desa itu, Bambang Eko ingin menciptakan Kecamatan Lembang ini memiliki pelayanan publik yang bagus, penyelenggaraan pemerintahannya bagus, pelaksanaan pembangunannya bagus, pemberdayaan masyarakatnya bagus dan tentu penanggulangan stanting nya semakin menurun.

“Insyaallah, ini akan dilaksanakan di tahun depan, semua Desa saya akan lomba kan dan hadiahnya juga ada berupa uang pembinaan yang akan dibantu oleh para pemerhati juga dan itu langsung ada panitia nya, meliputi perangkat Kecamatan, DPMD juga kita undang sebagai panitia, jadi kita netral, kemungkinan juga kita akan undang IPDN, saya akan minta Profesor Heriana Hasan untuk menjadi juri di lomba Desa nanti,” terangnya.

Menurutnya, suatu kebanggaan bagi Pemerintah Desa yang menang lebih dari tiga kali.

“Siapa yang menang lebih dari tiga kali jadi Pataka tetap, itu suatu kebanggaan, kalau dulu zaman Pak Soeharto ada Provinsi yang juara itu disebutnya Panji Purna Karya Nugraha dari Presiden,” imbuhnya.

Disinggung awak media terkait ketidakhadiran Pj Bupati Bandung Barat Ade Zakir dan isterinya dalam kegiatan lomba senam kreasi Germas ini, Bambang Eko menjelaskan, bahwa ketidakhadiran Pj Bupati Bandung Barat dan Pj Ketua TP PKK KBB dikarenakan adanya kegiatan acara yang tak bisa ditinggalkan.

“Kalau kami pertama, salam untuk beliau, kedua mudah-mudahan tetap sehat, tetap kuat memimpin Pemerintahan KBB, saya bersyukur sekali di pimpin oleh beliau, kita sudah bebas hutang dari PT. SMI, dan tentunya bisa dipertahankan, mudah-mudahan jangan ada hutang lagi lah, berat buat kita. Walaupun demikian, saya juga berharap pendapatan asli daerah kita lebih meningkat lagi sehingga kita bisa membangun lebih banyak lagi dan saya do’akan dibawah kepimpinan beliau KBB tetap kondusif, tetap kuat dan tetap jaya,” ujarnya.

Ditempat yang sama, ketika dikonfirmasi awak media Ketua TP PKK Kecamatan Lembang Hj Maya Ekawati mengatakan, bahwa maksud diselenggarakannya lomba senam kreasi Germas ini bertujuan, mengajak seluruh masyarakat Kecamatan Lembang untuk hidup sehat.

“Dimana pada hari ini dari Bapak Pj Bupati Bandung Barat dengan Ibu Pj Ketua TP PKK KBB juga mengajak hidup sehat warga masyarakat yang ada di KBB yaitu penurunan angka stanting. Maka dari itu saya selaku Ketua TP PKK Kecamatan Lembang mengadakan lomba senam kreasi Germas sekaligus sosialisasi untuk ibu-ibu kader PKK, kader Posyandu dan kader-kader yang ada ditingkat RT RW,” tuturnya.

Untuk hadiah-hadiah ini, lanjut Hj Maya menyampaikan, kita memberikan piagam dan trophy mulai dari yel-yel terbaik, costum terbaik atau terunik, juga ada juara favorit, ada juara ketiga, kedua, kesatu dan ada trophy juara bergilir.

“Kenapa ada trophy bergilir, saya ingin kegiatan ini tidak hanya sampai disini, tetapi berkesinambungan, bisa menjadi kegiatan tahunan dan memacu semangat ibu-ibu, kader-kader yang ada di Desa masing-masing. Dan tidak lupa juga saya memberikan sedikit uang pembinaan untuk mereka agar lebih semangat lagi kader-kader PKK, kader-kader Posyandu dan lainnya,” jelasnya.

Tak hanya lomba senam kreasi Germas, salah satu bagian menarik dari kegiatan tersebut adalah pemberian penghargaan bagi Ketua TP PKK dan para kader PKK Desa.

“Nah, kenapa saya memberikan penghargaan kepada Ketua TP PKK Desa, saya ingin memberikan suatu penghargaan terhadap bakti beliau selama menjabat sebagai isteri-isteri Pj Kepala Desa yang mendampingi masyarakat di kegiatan PKK. Dan juga saya selingi berikan penghargaan untuk kader KB atau forum KB, yang dimana disini salah satunya adalah Nenek Mara, beliau sudah 25 tahun mengabdikan dirinya di Bandung Barat khususnya di Kecamatan Lembang, namun pada hari ini belum ada penghargaan yang beliau terima,” ucapnya.

Diakhir wawancara eksklusif dengan awak media, dalam kesempatan ini, Hj Maya Ekawati menghimbau kepada para pengurus PKK Kecamatan Lembang agar lebih semangat lagi melakukan pembinaan ke TP PKK Desa, kader-kader Posyandu, kader-kader yang ada di wilayah.

“Karena kenapa, pada hari ini saya ingin perempuan itu jauh lebih maju, jauh lebih semangat untuk menjadi wanita yang berdikari, bahwa perempuan di KBB, khususnya di wilayah Kecamatan Lembang itu seperti era R.A Kartini,” pungkasnya.

Selanjutnya, ucapan terimakasih juga disampaikan oleh TP PKK Desa Suntenjaya yang keluar sebagai Juara kesatu dan pemegang Trophy Juara bergilir dari lomba senam kreasi Germas tahun 2024 kepada Pemerintah Kecamatan Lembang dan TP PKK Kecamatan Lembang yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Terimakasih kepada Pemerintah Kecamatan Lembang dan TP PKK Kecamatan Lembang, khususnya Bapak Camat dan Bunda Maya yang telah mengadakan acara ini. Mudah-mudahan kedepannya kita bisa lebih baik lagi, dan lebih sering bersilaturahmi dengan Desa-desa yang lain,” tutupnya.*(DRIV).

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *