Team SAR BRIMOB Polda Riau Latihan Pengoperasian Weber Rescue mendukung OMP 2024 Antisipasi Bencana

Pekanbaru – jurnalpolis.id

Tim Satgas Subsatgas SAR Satuan Brimob Polda Riau di Mako Satuan Brimob Polda Riau melaksanakan kegiatan Latihan Pengoperasian Weber Rescue Senin, po September 2024.

Kegiatan latihan pengoperasian Weber Rescue(WR) dipimpin Kasubsatgas SAR Iptu NARDI dan diikuti seluruh Team satgas SAR BRIMOB sebanyak personil.

Unit SAR BRIMOB Polda Riau mempunyai 3 alat merk weber rescue, yaitu rescue ram (dongkrak elektrik ), rescue cutter (pemotong besi elektrik) serta rescue spreader (pencungkil besi elektrik). Alat ini dapat digunakan guna
membantu membersihkan puing-puing reruntuhan pasca bencana alam gempa bumi, pembersihan puing-puing reruntuhan bangunan yang permanen menggunakan beton.

Sementara alat berat excavator tidak bisa untuk memotong besi-besi betonan. Maka alat ini dapat mempermudah dalam memotong besi-besi menjadi beberapa bagian supaya alat berat dapat mengangkat material reruntuhan bangunan ke dalam truck angkutan.

Weber rescue merupakan alat standar yang dimiliki oleh Tim Satgas SAR BRIMOB Polda Riau pada kegiatan ini Polri menggunakan rescue cutter elektrik atau alat pemotong besi.

Iptu Nardi menyatakan dengan terlaksananya kegiatan pelatihan ini meningkatkan Pengetahuan dan kemampuan serta kesiapan personil dalam mengoperasikan alat alat yang mendukung kegiatan SAR saat bertugas dilapangan mengantisipasi saat adanya bencana.

Lanjut Iptu Nardi “Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, personil polri lebih siap di tengah masyarakat yang membutuhkan bantuan pasca bencana alam, dapat membantu mengevakuasi dan membersihkan bekas puing-puing reruntuhan,” ujar Iptu NARDI mengakhiri.
Sumber. Polda Riau
Editor . Kabiro Tina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *