Sukses & Meriah, MTQ Ke-53 Tingkat Provinsi Jambi Resmi Dibuka Gubernur.

Kerinci – jurnalpolisi.id

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 53 tingkat Provinsi Jambi di Kabupaten Kerinci, Jumat malam (20/09/2024) bertempat di Dermaga Danau Kerinci secara resmi dibuka Gubernur Jambi, H. Al-haris.

Hadir dalam MTQ ke 53 tersebut, Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani, Ketua TPP PKK Provinsi Jambi, Hj Hasnidar, hadir juga sejumlah Anggota DPRD Provinsi Jambi, Pejabat Lingkup Provinsi Jambi, Forkopimda Provinsi Jambi, Bupati dan Walikota se Provinsi Jambi, Anggota DPRD dalam Provinsi Jambi, Anggota DPRD Kerinci serta Kepala OPD dan pejabat lingkup Pemkab Kerinci.

Hadir juga lebih 1200 kafilah juga hadir dalam pembukaan MTQ tingkat Provinsi Jambi, serta ribuan masyarakat Kerinci dan Sungai Penuh serta masyarakat dalam Provinsi Jambi.

Pj Bupati Kerinci, Asraf dalam sambutannya mengucapkan terima kasih ke Pemprov Jambi yang telah menunjuk Kabupaten Kerinci sebagai tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Jambi.

“Terima kasih telah ditunjuk Kabupaten Kerinci sebagai tuan rumah MTQ ke 53, kita berupaya agar pelaksanaan MTQ bisa berjalan sukses hingga tanggal 27 September 2024,”ungkapnya.

Untuk arena utama, lanjutnya tetap di Dermaga Danau Kerinci, tempat lainjya di masjid dan mushalla serta sekolah sekitar Dermaga Danau Kerinci.

“Mari kita sukseskan MTQ ke 53 Tingkat Provinsi Jambi di Kabupaten Kerinci,”sebutnya.

Al Haris, dalam sambutannya mengatakan setiap mengadakan MTQ, baik tingkat Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, bahkan tingkat Desa di bumi sepucuk Jambi sembilan lurah selalu disambut antusias oleh masyarakat,
Ini kita lihat kehadiran masyarakat pada acara MTQ, karena mengandung nilai nilai Alquran,”sebutnya.

“Tentu yang kita harapkan syiar agama Islam ini disambut dengan baik”

Al Haris menyebutkan prestasi Provinsi Jambi di ajang MTQ Nasional cukup baik, namun jika dipersiapkan dengan lebih baik lagi tentu Jambi akan menjadi Provinsi yang diperhitungkan.

“Saat ini kita sedang membangun Islamic center yang insyaallah selesai akhir tahun ini. Disitu nanti akan ada Al Qur’an center, kita berharap itu nantinya menjadi pusat pengembangan Tilawatil Qur’an,”ujarnya.

“Kita akui Jambi ini minim pusat pendidikan seni baca Qur’an, kita akui qori kita mengasah kemampuan disaat dekat MTQ saja. Saya mengharapkan kedepan (dengan adanya Islamic center) kaderkan anak-anak kita dalam seni baca Al Quran agar Jambi ini mampu berprestasi lebih baik lagi di tingkat nasional, bahkan internasional,” tambah Al Haris lagi.

Al Haris juga berharap dengan pergelangan MTQ itu siap agama Islam semakin masif ditengah masyarakat, yang tidak hanya menjadi tontonan, tapi juga dapat memotivasi masyarakat untuk membaca, memaknai dan melaksanakan kandungan Al Qur’an.

“Saya juga berpesan kepada masyarakat, kepada orang tua untuk menanamkan nilai-nilai ilmu agama kepada anak-anak kita, tidak hanya harus di pondok, minimal bisa membaca doa, sebagai bekal anak yang berakhlak,” sebutnya.

Terakhir, Al Haris mengimbau kepada masyarakat Jambi, kepada pimpinan Kepala daerah, serta Kandidat Gubernur, Calon Bupati dan Walikota untuk menjaga kondisi Jambi.

“Sehingga Pilkada di Jambi berlangsung aman damai dan kondusif. Mari kita semua menjaga ini semua, karena tujuan membangun daerah diatas segalanya, membangun akan mudah apa bila situasi daerah kita aman damai dan kondusif,” kata Al Haris.
(Mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *