Sejak 2010 Sudah Sosialisasi, Ir.Sadar Sinaga Bukan Tibatiba Muncul.

Humbahas – jurnalpolisi.id

Banyak masyarakat yang antusias dan bersyukur atas Kehadiran Ir. Sadar Sinaga dalam Pilkada Humbang Hasundutan 2024. Salah seorang masyarakat Papatar A. Hasugian yang merupakan perantau asal Siambaton, Parmonangan, Kecamatan Pakkat turut menyambut dengan riang gembira atas keikutsertaan Sadar di perhelatan pesta demokrasi kali ini.

Rasa syukur yang dinyatakan pengusaha yang menggeluti usaha developer ini disampaikan pada saat akan mengikuti Misa Syukur HUT RI ke-79 di Kompleks Perumahan Citra Gading, Kota Serang, sebulan yang lalu.
“Sebagai bagian dari warga Papatar (Pakkat, Parlilitan, Tarabintang), saya merasa senang dan mengucapkan syukur kepada Tuhan, karena diperkenankanNya seorang putra dari daerah kami ikut dalam Pilkada Humbahas tahun 2024 ini,” ujarnya sambil menunjukkan wajah gembira.

Maklum, sesuai kekerabatan keluarga Dalihan Natolu, Sadar Sinaga adalah ‘Anak Borunya’ karena istrinya boru Hasugian.
Menurut A. Hasugian, yang mengaku leluhurnya berasal dari Sitinjo, Parlilitan. Keikutsertaan Sadar Sinaga dalam Pilkada Humbahas adalah soal menunggu waktu saja. Hal ini didasarkan pada kiprah dan perhatian Sadar kepada daerah asalnya.
“Boleh saya katakan, di setiap perhelatan yang berkaitan dengan Humbahas, khususnya daerah Papatar, Sadar Sinaga selalu menjadi bagian yang tidak terpisahkan,” lanjutnya.

Bukan Dadakan,
Terhadap pendapat bahwa majunya Sadar Sinaga di Pilkada Humbahas 2024 dengan maksud tertentu, A. Hasugian dengan tegas menyangkalnya. Menurutnya, Sadar Sinaga sejak tahun 2010 telah mencanangkan niat untuk ikut sebagai Parhobas Humbahas.

“Saya tahu persis, bahwa Bapak Sadar Sinaga bukan hanya pada Pilkada Humbahas tahun 2024 ini punya niat untuk ikut menjadi Parhobas. Keinginannya itu sudah sejak tahun 2010 dia canangkan. Bila baru pada tahun 2024 hal itu terwujud, karena Tuhan baru merestui niatnya itu,” sanggahnya dengan tegas terhadap adanya suara-suara tadi.

Dari catatan awak media ini, adalah sebuah fakta bahwa menjelang Pilkada Humbahas tahun 2010, beberapa mobil branding dengan tampilan gambar Sadar Sinaga, pernah terlihat bersileweran di Kawasan Humbahas, terutama di Kawasan Papatar.

Pak A.Hasugian juga dibenarkan oleh Romulus Berutu.
“Ya, saya adalah seorang saksi hidup mengenai keinginan Bapak Sadar Sinaga ikut dalam Pilkada Humbahas tahun 2010. Tapi mungkin Tuhan belum berkenan, sehingga keinginan itu belum dapat terlaksana,” ujar Putra Papatar yang berasal dari Huta Godung, Parlilitan ini.

Romulus Berutu dalam Pilkada Humbahas 2024 ini juga turut memberikan dukungannya terhadap majunya Sadar Sinaga sebagai Cawabup yang berpasangan dengan Irwan Simamora sebagai Cabup. Tidak tanggung-tanggung, Romulus Berutu bersama seorang putranya, Barata Berutu, secara khusus membuktikan keinginannya itu dengan datang ke Humbahas, menempuh perjalanan darat selama tiga hari tiga malam mengendarai sebuah mobil dari kediamannya di Kawasan Citra Raya, Tangerang.

Tujuannya, demi suksesnya Sadar Sinaga dan Irwan Simamora dalam Pilkada Humbahas tahun 2024.
“Hobas jala Haposan. Horas, njuah-juah Irwan–Sadar. Marjillam,” ujar Romulus Berutu di setiap pertemuannya dengan warga, dalam upayanya mendekatkan Sadar Sinaga dengan rakyat, setelah ia dan putranya, Barata Berutu, tiba dan berkeliling di Kawasan Papatar beberapa hari kemudian.
Di tempat terpisah, beberapa masyarakat Humbahas terutama yang berasal dari Papatar yang tidak bersedia disebut namanya mengatakan bahwa sosok Sadar sebagai calon Parhobas di Humbahas sangat menginspirasi bagi masyarakat karena beliau adalah seorang pribadi yang sederhana, tulus, santun dan bersemangat. “Bapak Sadar Sinaga adalah panutan buat kami, dan beliau tidak pernah menjelek-jelekkan orang lain. Beliau sering menyampaikan bahwa kehadirannya di Kampung Halaman Humbahas adalah Panggilan Jiwa Tulus Mengabdi”,ungkap masyarakat.

Kami pasti mendukung Pak Sadar karna kami sangat butuh pemimpin yang berasal dari Papatar, “kita yakin menang karna Humbahas butuh Parhobas/Pemimpin yang Hobas dan Haposan alias Melayani dan Jujur”,pungkas masyarakat.(As.JPN.Hh).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *