Propam Polres Bojonegoro dan Subdenpom Gelar Gaktibplin di Tempat Hiburan, Sasar Anggota Polri dan TNI

Bojonegoro – jurnalpolisi.id

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) di Kabupaten Bojonegoro, Seksi Profesi dan Pengamanan (Si Propam) Polres Bojonegoro bersama Subdenpom V/2-1 Bojonegoro menggelar penegakan ketertiban dan disiplin (Gaktibplin) di sejumlah tempat hiburan. Operasi ini dipimpin langsung oleh Kasi Propam Polres Bojonegoro, Ipda Asmo, dengan sasaran utama anggota Polri dan TNI yang kedapatan berada di lokasi tempat hiburan.

Pantuan awak media dilokasi tampak petugas gabungan memasuki ruangan satu per satu dan memeriksa identitas pengunjung tempat hiburan tersebut.

Selesai Gaktibpiln, Kapolres Bojonegoro, AKBP Mario Prahatinto, SH, SIK, M.Si melalui Kasi Propam, Ipda Asmo menegaskan bahwa tujuan operasi ini adalah untuk mencegah anggota Polri dan TNI berada di tempat hiburan yang dapat menurunkan citra institusi. Ia menekankan, anggota Polri dan TNI tidak diperkenankan berada di tempat hiburan tanpa alasan yang jelas. Jika keberadaan mereka di sana untuk keperluan penyelidikan tindak pidana, maka harus dilengkapi dengan surat perintah tugas resmi.

“Kegiatan Gaktibplin ini untuk memastikan bahwa anggota Polri maupun TNI tidak sedang berada di tempat hiburan yang dilarang sesuai aturan yang berlaku sehingga berakibat menurunkan citra institusi,” tegas Kasi Propam, Ipda Asmo kepada awak media ini, Sabtu (14/9/2024).

Lanjut Asmo, dalam Gaktibplin ini, petugas gabungan akan menindak tegas anggota yang kedapatan berada di tempat hiburan tanpa alasan yang sah. Jika ada anggota Polri maupun TNI yang melanggar, mereka akan langsung diproses lebih lanjut melalui pemeriksaan di kesatuan masing-masing. Hal ini merupakan bagian dari upaya untuk menjaga kedisiplinan dan profesionalisme aparat negara, serta untuk memastikan bahwa setiap anggota tidak melakukan tindakan yang mencoreng nama baik institusi.

Selain itu, Gaktibplin ini juga bertujuan untuk memperkuat pengawasan internal di kalangan anggota Polri dan TNI. Menjaga etika dan perilaku petugas di ruang publik, khususnya di tempat-tempat yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas.

Ipda Asmo memastikan bahwa kegiatan Gaktibplin ini akan terus dilaksanakan secara berkala dan menyeluruh di wilayah Bojonegoro. Pihaknya berharap, melalui Gaktibplin semacam ini, anggota Polri dan TNI bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat dalam menjaga kedisiplinan dan mematuhi aturan yang berlaku.

“Hasil Gaktibplin hari ini sementara tidak ditemukan baik anggota Polri maupun TNI berada di tempat hiburan. Harapannya anggota Polri dan TNI bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat dalam menjaga kedisiplinan dan mematuhi aturan yang berlaku,” pungkasnya.

Mochammad Ali Afandi. SH.
Jurnal Polisi News Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *