Pj.Bupati Tapanuli Utara Sambut Kunjungan Kerja Wamen Perdagangan RI.

Taput – jurnalpolisi.id

enjabat (Pj) Bupati Tapanuli Utara Dr. Dimposma Sihombing, S.Sos, M.A.P sambut hangat kunjungan kerja Wakil Menteri Perdagangan RI Dr. Jerry Sambuaga dan anggota DPR RI Lamhot Sinaga beserta rombongan di Kota Tarutung, bertempat di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Tapanuli Utara, Kamis, 05/09/2024.
Acara diawali dengan makan siang bersama.
Dalam sambutannya Pj Bupati Taput menyampaikan ucapan Terima Kasih atas kunjungan kerja Bapak Wamen Perdagangan ke Kota Tarutung.

“Kami menyampaikan Terima Kasih dan selamat datang kepada Bapak Wamen Perdagangan Jerry Sambuaga dan anggota DPR RI Lamhot Sinaga bersama rombongan.
“Pertemuan kita ini dilatarbelakangi adanya peristiwa kebakaran besar di Pasar Rakyat Tarutung pada tanggal 7 April 2024 yang menghanguskan dan merusak hampir 70% fasilitas pasar berupa kios dan baliurang” ujar Pj Bupati mengawali.
“Kejadian ini sangat memukul Perekonomian di Kabupaten ini. Lokasi pasar yang tepat berada di Ibukota Kabupaten, sekaligus ibukota Kecamatan menjadikan Pasar Tarutung sebagai sarana perdagangan yang sangat vital di Kabupaten Tapanuli Utara.

Kami sangat bergembira dan berterima kasih atas kunjungan kerja Bapak Wamen Perdagangan untuk meninjau langsung pasar Tarutung. Terlebih hadir juga wakil rakyat yang kami banggakan sebagai putra daerah yaitu Bapak Lamhot Sinaga.” ujar Pj Bupati Taput menambahkan.

“Kami makin optimistis bahwa dengan hadirnya Bapak Wamen dan anggota DPR di sini, dapat memahami kondisi dan keterbatasan kemampuan kami, dan menyampaikan kepada Pemerintah Pusat agar berkenan menampung seluruh anggaran yang dibutuhkan untuk membangun kembali pasar Kabupaten ini di APBN tahun anggaran berikutnya menjadi pasar yang lebih nyaman dan modern.
Fokus kami adalah bagaimana Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perdangangan dapat memfasilitasi Pembangunan kembali sarana dan Prasarana Perdagangan ini, agar aktivitas dagang di Pasar Tarutung secara optimal bisa menunjang Perekonomian di Kabupaten ini secara umum dan tentunya demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.” ujar Pj. Bupati mengakhiri.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga memberikan bimbingan dan arahan. Beliau menyampaikan bahwa yang memprakarsai Kunker tersebut adalah Bapak DPR RI Lamhot Sinaga. Begitu besar perhatian beliau atas kejadian yang menimpa Pasar Tarutung yang terkena bencana kebakaran.
“Kita Kemendag itu akan memfollow up apa yang diminta oleh Pemerintah Daerah dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara. Akan kami terima Proposal Pasar Tarutung ini yang tentunya akan ditindaklanjuti sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku,” ujarnya

“Saya juga sudah sempat sampaikan kepada pak Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Bapak Moga Simatupang bahwa ada pasar di Tarutung mengalami bencana kebakaran dan perlu ada urgensi untuk dibangun. Saya sampaikan juga kepada beliau bahwa ini perlu ada atensi supaya segera Pasar Tarutung bisa dibangun Kembali dan Masyarakat dapat berdagang secara normal,” tambahnya
“Setelah ini kita bersama rombongan dan juga Forkopimda Taput akan melihat dan menyaksikan langsung ke Pasar Tarutung apa yang perlu kita perbaiki.”tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan pemberian Proposal Pasar Tarutung oleh Pj Bupati Taput kepada Wamen Perdagangan RI kemudian Proposal Revitalisasi Pacuan Kuda kepada DPR RI Lamhot Sinaga, sekaligus memberikan cinderamata berupa ulos kepada Wamen Perdagangan Jerry Sambuaga dan DPR RI Lamhot Sinaga.
Selanjutnya Pj. Bupati Taput Dimposma Sihombing bersama Wamen Perdagangan RI Jerry Sambuafa dan DPR RI Lamhot Sinaga berserta rombongan bertolak ke Pasar Tarutung untuk melihat kondisi Pasar Tarutung.

Turut hadir Ketua DPD Tapanuli Utara, Rombongan AMPI, Anggota DPRD terpilih fraksi Golkar beserta beberapa Pimpinan Perangkat Daerah Tapanuli Utara.(As.JPN.Tu).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *