Perumda Tirta Kanjuruhan: Program Sambang Sumber, Perluas Akses Air Bersih di Kabupaten Malang

Ket Foto, Bupati Malang HM Sanusi (tengah baju putih)

Malang,– jurnalpolisi.id

Dalam upaya meningkatkan akses masyarakat terhadap air bersih dan menjaga kelestarian sumber daya air, Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang meluncurkan program “Sambang Sumber”.

Program ini merupakan salah satu langkah strategis perusahaan dalam rangka memperingati HUT ke -79 RI dan Hari Jadi ke – 1264 Kabupaten Malang Peluncuran program ini dilakukan secara langsung oleh Bupati Malang HM.Sanusi pada hari Senin, 23 September 2024, bertempat di IPA Goa Kalisat, Desa Sumbermanjingkulon, Kecamatan Pagak Kabupaten Malang.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak, mulai dari anggota DPRD Kabupaten Malang, Dewan Pengawas Perumda Tirta Kanjuruhan, unsur organisasi perangkat daerah, Muspika Pagak, hingga masyarakat sekitar.

Perluas Akses Air Bersih Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bertanggung jawab atas penyediaan air minum bagi masyarakat Kabupaten Malang, Perumda Tirta Kanjuruhan terus berupaya meningkatkan kualitas dan cakupan layanan.

Saat ini, perusahaan mengelola 69 titik sumber air baku dengan kapasitas produksi mencapai 1.733 liter per detik, melayani 158.359 sambungan rumah (SR). Namun, Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, H. Syamsul Hadi, S.Sos., MM., mengakui bahwa cakupan layanan masih belum optimal.

Oleh karena itu, perusahaan terus berupaya memperluas akses air bersih melalui berbagai program, salah satunya adalah program “Panjat 2024”. Program ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan sambungan rumah baru dengan mudah dan bersubsidi.

Jaga Kelestarian Sumber Daya Air
Selain fokus pada perluasan akses air bersih, Perumda Tirta Kanjuruhan juga berkomitmen untuk menjaga kelestarian sumber daya air.

Program “Sambang Sumber” merupakan wujud nyata dari komitmen tersebut. Melalui program ini, perusahaan akan melakukan pembersihan dan penanaman pohon di seluruh titik sumber air baku yang dikelola.

“Kami berharap program ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan ketersediaan air bersih,” ujar Syamsul.

Dapat Apresiasi Penghargaan Nasional
Sebagai bentuk apresiasi atas kinerja yang baik, Perumda Tirta Kanjuruhan berhasil meraih penghargaan Perpamsi Award 2024 dengan kategori “Best Local Government Support”.

Penghargaan ini diberikan atas support Bupati Malang HM Sanusi selaku KPM di Perumda Tirta Kanjuruhan dalam mewujudkan perluasan akses air bersih bagi warga Kabupaten Malang.

Sementara acara Launching “ Sambang Sumber “ dihadiri oleh Bupati Malang, HM Sanusi, yang didampingi oleh Pj. Sekda Kabupaten Malang, Nurman Ramdansyah, SH. M.Hum, Asisten II Sekkab Malang, Nurcahyo, SH. M.Hum, Kepala Bappeda, Ir. Tomie Herawanto, MP. Kadis PU/SDA, Farid Habibah, ST., MT, Kadis PU Bina Marga, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, Kadis Cipta Karya, Dr. Ir. Budiar, M.Si., Plt. Kadis DLH, Ahmad Dzulfikar Nurrahman, ST., MT., Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, H. Syamsul Hadi, S.Sos, MM., Direktur Teknik Perumda Tirta Kanjuruhan, Ir. M. Haris Fadilah, Direktur Umum Perumda Tirta Kanjuruhan, Tutik Wadjawati, SE, MM

Bupati Malang, HM Sanusi selalu menekankan pentingnya menjaga dan merawat sumber air sebagai aset vital bagi kehidupan masyarakat. Untuk mengawali jalannya program ini, Bupati Malang secara simbolis menyerahkan bibit pohon yang akan ditanam di 44 titik sumber air dan kawasan air permukaan, dengan total 1000 pohon yang akan ditanam.

Tidak hanya itu, di lokasi acara HM Sanusi juga akan melakukan penanaman, disiapakan 36 bibit pohon yang akan ditanam di area IPA air Goa Kalisat.

Adanya program ini, Bupati Malang mengharapkan agar Perumda Tirta Kanjuruhan terus kerja keras membantu kelancaran distribusi air minum untuk wilayah Kabupaten Malang, khusunya untuk warga Malang Selatan melalui perawatan sumber air dan kawasan air permukaan.

Bupati Malang, HM Sanusi memiliki komitmen yang besar untuk warga Kabupaten Malang terkait penyediaan air minum tetap tersedia dan lancar distribusinya. Karenanya, HM. Sanusi mengintruksikan kepada Perumda Tirta Kanjuruhan untuk melanjutkan program sambungan baru yang terjangkau, serta pembangunan SPAM yang merata.

Selain itu, Bupati Malang juga memberikan penghargaan simbolik kepada para operator dan penjaga sumber air atas dedikasi mereka.
Program “Sambang Sumber” ini akan dilakukan secara rutin dan diawali oleh Bupati Malang dengan simbolik penyerahan bibit pohon kepada 27 Kepala Unit Perumda Tirta Kanjuruhan se-Kabupaten Malang.(dwa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *