Pemerintah Pekon Tengor Kecamatan Cukuh Balak Menyalurkan BLT DD Tahun 2024

Tanggamus, Jurnalpolisi.id

Pemerintah Pekon Tengor, Kecamatan Cukuh Balak, Kabupaten Tanggamus, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap ketiga kepada 21 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Acara ini dilaksanakan di Balai Pekon Tengor pada Sabtu, 7 September 2024.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Pekon Tengor, Sayumi, didampingi oleh perwakilan dari Kapolsek Cukuh Balak, Babinsa Kamtibmas Ipda Alan, Babinsa Peltu Adi Yusdin, Camat Cukuh Balak atau yang mewakili, Pendamping Lokal Desa (PLD), Ketua Badan Hippun Pemekonan (BHP), serta para aparatur Pekon, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan seluruh Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Dalam penyaluran BLT-DD ini, setiap KPM menerima Rp300.000 per bulan, untuk periode tiga bulan mulai dari Juli hingga September 2024, dengan total bantuan sebesar Rp900.000.

Penyaluran BLT-DD di Pekon Tengor ini telah sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 98 Tahun 2023, yang merupakan perubahan dari Peraturan Menteri Keuangan Nomor 21/PMK.07/2022 tentang pengelolaan Dana Desa.

Kepala Pekon Tengor, Sayumi, menegaskan bahwa pelayanan kepada masyarakat tetap menjadi prioritas utama Pemerintah Pekon Tengor. Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan tahapan evaluasi sebelum penyaluran BLT-DD.

“Pemerintah Pekon telah melaksanakan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) terkait evaluasi Bantuan Langsung Tunai tahun 2024, dengan fokus pada masyarakat prasejahtera,” ujar Sayumi.

Lebih lanjut, Sayumi menjelaskan bahwa anggaran BLT-DD bertujuan untuk pemulihan ekonomi, perlindungan sosial, serta penanganan kemiskinan ekstrem, dengan alokasi minimal 10 persen dari anggaran Dana Desa.

Ia juga mengimbau kepada seluruh KPM agar menggunakan bantuan tersebut dengan bijak dan sesuai kebutuhan.

“Semoga bantuan ini bermanfaat dan dapat membantu kebutuhan sehari-hari warga,” tutupnya.

(Helmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *