Paskibraka Binaan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bogor Sukses Kibarkan Bendera Pusaka Pada HUT RI Ke-79 Tahun 2024

Bogor, jurnalpolisi.id

Seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Bogor, Jawa Barat, tahun 2024 telah selesai dilaksanakan dan memilih 60 orang calon Paskibraka Kabupaten Bogor dari 1080 orang pendaftar. Yang mana proses seleksi dimulai pada bulan Februari hingga April 2024.

Dengan melalui berbagai tahapan penilaian yang ketat, yaitu: seleksi administrasi berupa verifikasi dokumen dan persyaratan pendaftaran untuk memastikan kelengkapan administrasi peserta, seleksi wawasan Pancasila dan Kebangsaan serta Tes Intelegensia Umum (TIU), di mana seleksi ini bertujuan untuk mengukur pengetahuan peserta tentang Pancasila, wawasan Kebangsaan, serta kemampuan Intelegensia umum Calon Paskibraka.

Selanjutnya, seleksi kesehatan meliputi pemeriksaan kesehatan menyeluruh untuk memastikan calon memenuhi standar fisik yang dibutuhkan, seleksi Parade merupakan penilaian terhadap keterampilan fisik dan ketahanan peserta dalam melaksanakan latihan Parade, seleksi peraturan baris-berbaris yaitu, evaluasi keterampilan peserta dalam peraturan baris-berbaris yang esensial untuk penampilan dan kedisiplinan, serta seleksi kepribadian bertujuan untuk menunjukan sikap, karakter, dan kemampuan berinteraksi sosial peserta.

Calon Paskibraka terpilih kemudian dikumpulkan untuk masuk ke tahap berikutnya, yaitu tahap pra pelatihan. Tahap ini memakan waktu enam pekan, dimulai bulan Juni sampai dengan Juli 2024.

Tahap pra pelatihan dirancang untuk membekali Calon Paskibraka dengan keterampilan dasar dan pengetahuan yang diperlukan sebelum mengikuti pemusatan pelatihan. Setelah dinyatakan lolos dalam tahap pra pelatihan, para Calon Paskibraka berlanjut ke tahap ke pemusatan pelatihan yang dilaksanakan selama 14 hari, mulai dari 3 Agustus sampai dengan 14 Agustus 2024.

Pada periode ini, peserta mendapatkan pelatihan intensif dalam berbagai aspek terkait tugas mereka sebagai anggota Paskibraka. Puncak dari pelatihan adalah prosesi pengukuhan yang dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2024. Prosesi ini dilaksanakan secara langsung oleh Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu.

Proses pengukuhan ini menandai keberhasilan para Calon Paskibraka dalam menjalani seluruh proses pelatihan, sehingga secara resmi berubah nama dari Calon Paskibraka menjadi Paskibraka Kabupaten Bogor, serta siap untuk melaksanakan tugas dalam Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, pada tanggal 17 Agustus 2024, baik dalam Upacara Pengibaran Bendera Pusaka yang dilaksanakan pada pagi hari dan Penurunan Bendera Pusaka pada sore hari di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Ketua pelatihan Paskibraka, Kapten Inf. Tatang Taryono, menyatakan, “Kami sangat bangga dengan pencapaian seluruh anggota Paskibraka tahun 2024 yang telah menunjukkan dedikasi dan semangat yang tinggi, dalam proses Pengibaran dan Penurunan Bendera Pusaka disertai dengan sikap profesionalisme tinggi dan penuh kebanggaan.” katanya.

Lebih lanjut, Kapten Inf. Tatang menyampaikan, mereka telah menjalani latihan yang ketat dan penuh dedikasi, karena mereka bukan hanya mengibarkan Bendera Merah Putih, tetapi juga menyampaikan simbol Perjuangan dan Kemerdekaan bangsa. Bendera Pusaka, yang dikenal dengan nama “Sang Saka Merah Putih”, diangkat dengan penuh kehormatan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Kabupaten Bogor untuk kemudian Berkibar dengan megah dan menyebarkan semangat patriotisme serta Persatuan dan Kesatuan Bangsa ke seluruh penduduk Kabupaten Bogor, “ucap Tatang.

Momen ini dipenuhi dengan perasaan haru dan bangga. Para hadirin yang terdiri, dari Pj. Bupati Bogor, Kepala Perangkat Daerah, Camat beserta undangan, dan seluruh peserta upacara merasakan kehangatan dan kedamaian saat Bendera Pusaka Berkibar.

Musik khas Kebangsaan dan lagu-lagu perjuangan melantun dengan khidmat penuh makna, menyatukan hati seluruh bangsa dalam satu tujuan, menghormati sejarah dan meneruskan cita-cita Kemerdekaan.

Pengibaran Bendera Pusaka merupakan simbol nilai-nilai luhur Perjuangan dan Kemerdekaan. Selain itu, Pengibaran Bendera Pusaka juga merupakan simbol harapan dan tekad untuk terus membangun bangsa yang lebih baik, dengan menjaga semangat Kebangsaan yang telah diwariskan oleh para pendiri bangsa.

(Kaperwil Bogor: Parlindungan,S.A.Md.Kep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *