Melalui Penyuluhan, Satbinmas Polres Purbalingga Bangun Kararkter Mahasiswa Baru

PurbaIingga – jurnalpolisi.id

Polda Jateng | Polres Purbalingga mengajak mahasiswa untuk bisa memiliki wawasan luas, berkarakter kebangsaan dan nasionalisme yang kuat. Karena hal itu penting dimiliki oleh mahasiswa sebagai salah satu kaum intelektual.

Hal itu disampaikan Kasat Binmas Polres PurbaIingga AKP Tedy Subiyarsono, saat melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada mahasiswa baru di Universitas Perwira PurbaIingga (Unperba), Senin (2/9/2024).

“Mahasiswa sebagai kaum intelektual harus memiliki wawasan yang luas serta karakter kebangsaan dan nasionalisme yang kuat,” kata Kasat Binmas saat memberi sambutan.

Selain itu, menurut Kasat Binmas mahasiswa juga harus bisa mencegah kekerasan, intoleransi, radikalisme dan terorisme. Karena paham tersebut dapat memecah belah persatuan dan kesatuan.

“Mahasiswa yang memiliki wawasan juga harus bisa menangkal dan mencegah kekerasan, intoleransi, radikalisme dan terorisme,” pesannya.

Disampaikan bahwa mahasiswa biasanya aktif dalam kegiatan penyampaian pendapat di muka umum. Namun hal itu harus dilandasi dengan nilai luhur Pancasila. Sehingga tidak menimbulkan gesekan dengan pihak lain atau gangguan keamanan.

Terkait pelaksanaan Pilkada, Kasat Binmas berpesan agar mahasiswa bisa menyukseskan pesta demokrasi tersebut. Salurkan hak suara sesuai hati nurani masing-masing jangan sampai menimbulkan perpecahan.

“Perbedaan pilihan adalah wujud demokrasi, yang terpenting mari bersama-sama menjaga rasa kekeluargaan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Purbalingga,” pesannya.

Dalam pembinaan dan penyuluhan sejumlah materi disampaikan personel Satbinmas Polres PurbaIingga. Materi tersebut diantaranya pembentukan karakter, pembinaan tertib lalu lintas, waspada intoleransi, pencegahan radikalisme dan terorisme.

( ARif JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *