Mantan Kapolres aceh utara, Untung Sangaji Memperkenalkan manfaat Teh Daun Ketapang

BANDA ACEH, – jurnalpolisi.id

kreativitas anak bangsa bersama Ir. Untung Sangaji, MH, mantan Kapolres Aceh Utara. Kali ini ia berbagi informasi tentang tanaman yang memiliki manfaat dan tentunya jika sudah berada di tangan Untung Sangaji akan lebih bernilai.Hal ini disebabkan pria yang pernah viral sebagai penumpas teroris ini selalu berinovasi dengan berbagai karya yang diharapkan bisa bermanfaat untuk jangka panjang.

Mungkin apa lagi yang akan dilakukan Untung kali ini Untung yang saat ini menetap di Aceh usai purnatugas dari kepolisian ini ternyata mulai melirik pohon ketapang namun ia lebih fokus pada daunnya. Tentu saja ia memiliki alasan tersendiri kenapa harus membidik daun ketapang tersebut. Ia memanfaatkan pohon ketapang yang tumbuh subur di halaman rumahnya.

Siapa sangka di tangan seorang Untung, daun ketapang dapat dibuat seperti daun teh dan rasanya juga cukup enak.Oleh sebab itu teh daun ketapang mulai diperkenalkan Untung Sangaji dan dengan racikan sederhana akhirnya jadilah teh daun ketapang yang tidak hanya nikmat tetapi bikin ketagihan.

Kepada jurnal polisi via telepon, Jumat (6/9/2024), Untung menjelaskan secara detail tentang manfaat daun ketapang ( Tarminalia Catappa ) dan cara pengolahannya. Dijelaskan, daun yang dipetik berwarna hijau atau yang diambil sebelum jatuh berwarna kuning atau merah. Selanjutnya dicuci bersih dengan sabun dalam hal ini harus menggunakan sabun khusus untuk sayur dan buah-buahan.

Lalu dijemur hingga sangat kering dan dipisahkan menurut warna masing-masing.

“Jadi yang merah
Terpisah, yang kuning dan coklat sendiri serta yg hijau sendiri. Kemudian digunting dengan ukuran 5 mm atau diremas menggunakan sarung tangan khusus untuk makanan. Kemudian di ambil 3 sendok makan dan disiram air mendidih atau direbus.

Setelah itu siap diminum dengan memasukkan gula aren sebanyak satu sendok teh atau bisa juga tanpa gula. Atau
Boleh juga ditambahkan daun pandan agar lebih harum, ya sesuai selera. Kalau suka bisa diberikan cengkeh 3 butir saat merebus agar lebih kaya akan rasa, “terang Untung. Berhasil dengan hasil uji cobanya tersebut, Untung semakin sering membuat teh daun ketapang dan disuguhkan kepada para tamunya atau masyarakat di sekitar.

kreatifitasnya itu bisa diterima dan disukai banyak orang. Ke depan, mengembangkan teh daun ketapang ini untuk produk home industry atau UMKM dengan membina masyarakat. Seperti yang diketahui, Beliau (untung Sangaji) memang ahlinya dalam hal itu. Ia tidak menampik namun untuk saat ini dirinya masih fokus pada tahap memperkenalkan dulu.

Untung menambahkan, daun ketapang memiliki manfaat bagi kesehatan, yaitu anti oksidan, obat sakit perut / diare, penyegar air, antiflamasi alami, perawatan kulit untuk jerawat, anti bakteri, anti virus, anti jamur, anti tumor, terdapat asam folat ( bagus untuk ibu hamil / perkembangan otak bayi ) juga anti kanker karena bisa melawan sel kanker. (SYH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *