Komitmen Polda Jateng: Mengamankan Deklarasi Kampanye Damai untuk Pilkada 2024 yang Berintegritas

Semarang – jurnalpolisi.id

Polda Jateng Dalam mendukung Pilkada 2024 yang aman dan damai di Jawa Tengah, Polda Jateng menerjunkan 354 personil dari Polda Jateng dan Polrestabes Semarang untuk mengamankan kegiatan Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2024. Acara yang dilaksanakan di Kantor KPU Provinsi Jateng pada Selasa, (24/9/2024) pagi ini, bertujuan untuk memastikan bahwa setiap langkah dalam proses demokrasi berjalan dengan tertib dan terjaga keamanannya.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, hadir didampingi para pejabat utama (PJU) Mapolda dan jajaran Forkopimda Jawa Tengah, bersama kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Andika Perkasa-Hendi Prihadi dan Ahmad Luthfi-Taj Yasin. Momen penting ini diwarnai dengan penandatanganan dokumen deklarasi kampanye damai, yang menegaskan komitmen semua pihak untuk menyelenggarakan Pilkada dengan asas Langsung, Umum, Bersih, Jujur, dan Adil (Luber Jurdil).

Para pihak yang berkontestasi berkomitmen melaksanakan proses kampanye yang aman, tertib, damai, serta berintegritas tanpa hoaks, politik SARA dan politik uang. Selain itu, kedua paslon turut sepakat untuk menggelar proses kampanye sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, diharapkan saat pemilihan pada hari Rabu tanggal 27 November mendatang dapat diikuti oleh 28.427.616 pemilih tetap di Jawa Tengah dalam situasi aman, lancar dan damai.

Ketua KPU Propinsi Jawa Tengah Handi Tri Ujiono dalam sambutannya mengungkapkan deklarasi ini adalah momentum penting bagi warga Jawa Tengah untuk berkomitmen bersama menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara aman dan damai.

“Disini kita bersama untuk berkomitmen dan menyatukan niat untuk menyelenggarakan Pilgub Jateng yang berasaskan Luber Jurdil. Kita juga bertekad menyelenggarakan Pilkada Jateng yang aman dan kondusif,” ujarnya.

Kegiatan ini berlangsung dalam suasana kondusif, berkat kesiapan dan profesionalisme petugas pengamanan yang dilibatkan. Kombes Pol Artanto, Kabid Humas Polda Jateng, menegaskan bahwa pengamanan ini merupakan wujud komitmen Polri dalam menjaga keamanan selama pelaksanaan Pilkada.

“Selain personil di lokasi KPU, kami juga menerjunkan berbagai satuan tugas yang tergabung dalam Ops Mantap Praja Candi 2024, mulai dari satgas deteksi hingga satgas Banops, untuk memastikan semua berjalan lancar,” ujarnya.

Kabid Humas juga menyampaikan harapan agar seluruh masyarakat Jawa Tengah dapat berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

“Kami menghimbau masyarakat untuk mendukung penyelenggaraan Pilkada yang damai dan bermartabat dengan menghormati perbedaan pilihan serta menghindari provokasi yang bisa merusak persatuan,” tambahnya.

Deklarasi ini menjadi momentum bagi masyarakat untuk bersatu dan berkomitmen melaksanakan pemilihan kepala daerah yang aman dan damai. Ketika Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, Handi Tri Ujiono, menyatakan bahwa proses kampanye yang sehat akan menciptakan demokrasi yang bermartabat, Polda Jateng berkomitmen untuk mendukung sepenuhnya dengan pengamanan yang optimal.

Melalui semangat gotong royong dan kekeluargaan, Polda Jateng berharap proses demokrasi di Jawa Tengah berlangsung dalam suasana yang gembira dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas.

( Arif JPN )

Sumber : Bidhumas Polda Jateng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *