Kapolda Jateng Bersama Paslon Komitmen Jaga Pilkada 2024 Tetap Aman dan Damai

Semarang-jurnalpolisi.id

Dalam upaya memastikan pelaksanaan Pilkada 2024 yang aman dan damai, Kapolda Jateng Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, menyerukan ajakan kepada seluruh pihak, terutama kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, untuk bersatu menjaga kamtibmas selama masa kampanye hingga pemilihan pada gelaran Pilkada 2024. Seruan ini disampaikan dalam acara Deklarasi Kampanye Damai yang berlangsung di Kantor KPU Provinsi Jawa Tengah, Selasa (24/9/2024), yang menjadi simbol komitmen bersama menjaga proses demokrasi yang sehat dan damai.

“Dalam suasana Pilkada yang kompetitif, penting bagi kita semua, khususnya para calon, untuk menjaga suasana yang kondusif. Saya mengajak kedua pasangan calon, dan seluruh elemen masyarakat, untuk bersinergi, menjaga Pilkada yang damai, ” tegas Kapolda Jateng

Kapolda juga menekankan bahwa menjaga keamanan Pilkada bukan hanya tugas kepolisian, melainkan tanggung jawab bersama.

“Tugas Polri adalah mengawal keamanan, tapi kita butuh dukungan dari semua pihak. Kerjasama yang harmonis antara masyarakat, pemerintah, dan peserta pemilu sangat penting untuk menciptakan suasana Pilkada yang damai,” tambahnya.

Dalam suasana kebersamaan yang terjalin di acara tersebut, kedua pasangan calon Gubernur yakni Andika Perkasa-Hendi Prihadi dan Ahmad Luthfi-Taj Yasin menyatakan kesepakatan mereka untuk melaksanakan kampanye secara damai dan tertib.

“Saya juga ingin mengajak seluruh masyarakat Jawa Tengah untuk menjaga persatuan dan kedamaian selama masa Pilkada ini. Hormati perbedaan, hindari provokasi yang bisa merusak suasana damai yang sudah kita bangun bersama,” lanjut Kapolda, menegaskan kembali pentingnya partisipasi seluruh masyarakat dalam menjaga stabilitas selama masa pemilihan.

Pada hari ini Rabu (25/9/2024), bertempat di Mapolda Jateng, Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol. Artanto juga menyuarakan pentingnya sinergi antara semua elemen masyarakat dalam menjaga situasi aman selama tahapan Pilkada. Menurutnya, kerjasama yang kuat antara Polri, penyelenggara pemilu, dan masyarakat sangat dibutuhkan untuk memastikan Pilkada berjalan lancar.

“Kami mengimbau seluruh masyarakat untuk mendukung terciptanya Pilkada yang aman dan damai. Peran aktif semua pihak sangat penting, termasuk dalam mengedukasi masyarakat agar tidak mudah terpengaruh oleh berita hoaks atau provokasi yang dapat memecah belah,” ujar Kombes Pol Artanto

Deklarasi Kampanye Damai ini menjadi titik awal untuk memperkuat sinergi antara aparat keamanan, penyelenggara pemilu, peserta pemilu, dan masyarakat luas, agar proses Pilkada 2024 di Jawa Tengah dapat berlangsung dalam suasana damai dan demokratis,

( Arif JPN )

Sumber : Bidhumas Polda Jateng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *