DPU Banyuwangi Luncurkan Program 100 Sambungan Air Bersih

Banyuwangi, jurnalpolisi.id

Dalam rangka peningkatan akses air bersih bagi masyarakat, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pengairan Kabupaten Banyuwangi melaksanakan penyerahan program 100 sambungan rumah (SR) air bersih di Dusun Kedungagung, Desa Sambirejo, Kecamatan Bangorejo, Banyuwangi pada Selasa (10/09/24).

Acara ini dihadiri oleh Sekretaris DPU Pengairan Banyuwangi, Reza, yang secara simbolis menyerahkan bantuan program berupa dua unit tandon air kepada ketua Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (HIPPAM) setempat. Bantuan ini ditujukan untuk mendukung pengelolaan dan distribusi air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Kami juga mendengarkan keluhan dan kebutuhan dari masyarakat yang hadir hari ini. Keluhan tersebut akan segera ditindaklanjuti oleh DPU Pengairan Banyuwangi,” ujar Reza.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir koordinator air bersih bersama (Korsda) yang merupakan bagian penting dari DPU Pengairan Banyuwangi. Korsda berperan dalam pemeliharaan, pengelolaan, dan pemanfaatan sumber daya air (SDA) untuk memastikan ketersediaan air bersih bagi warga.

Kepala DPU Pengairan Banyuwangi, Hj. Guntur Priambodo, menjelaskan bahwa Korsda berfungsi sebagai perpanjangan tangan DPU dalam meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat. “Sebagai petugas lapangan, Korsda berperan dalam operasi pemeliharaan, pemanfaatan, dan pengelolaan sumber daya air, termasuk dalam kegiatan hari ini,” katanya.

Lebih lanjut, Hj. Guntur Priambodo menegaskan pentingnya program penyaluran 100 sambungan air bersih ini dalam mencegah kekeringan, mengurangi risiko banjir, dan memastikan aliran irigasi ke lahan pertanian berjalan lancar.

“Kegiatan penyaluran air bersih ini dilakukan secara rutin untuk pemeliharaan jaringan irigasi agar aliran air tetap terkendali. Peran aktif Korsda dalam kegiatan pemeliharaan saluran irigasi di lapangan sangat krusial,” tambahnya.

Reza juga berharap kepada seluruh ketua HIPPAM yang hadir agar dapat menjalankan tugas dengan baik dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Kehadiran HIPPAM sangat penting untuk menjaga kenyamanan dan kestabilan akses air bersih di Desa Sambirejo,” pungkasnya.

Pewarta: Boby
Editor: Wirda Aditia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *