Demi kenyamanan Masyarakat Disperkim Batanghari Perioritaskan Pemeliharaan Lampu Penerangan Jalan/PJU

Batanghari – jurnalpolisi.id

Pemeliharaan lampu penerangan jalan umum (PJU) terus dilakukan Dinas Perumahan dan kawasan pemukiman (Perkim) Kabupaten Batanghari secara rutin dan berkala. Hal itu untuk menjaga agar lampu PJU dapat berfungsi dengan baik dan optimal.

Dalam pelaksanaannya, diungkapkan Kepala Dinas Perkim Kabupaten Batanghari, A Somad, kegiatan tersebut dilaksanakan oleh tim teknis penerangan jalan umum dan turut di dampingi oleh Kepala Bidang Prasarana yang membidangi pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Tahun anggaran 2024 ini kami sudah sampai 100 persen dari 4000 titik yang tersebar di delapan kecamatan,” ujarnya baru-baru ini.

Melalui pemeliharaan rutin ini, diharapkan LPJU dapat terus terpelihara sehingga dapat terus meningkatkan keamanan dan keselamatan lalu lintas khususnya di malam hari. Serta dapat memberikan pelayanan yang aman dan nyaman bagi masyarakat Batanghari.

“Kecamatan Muarabulian titik lampunya paling banyak. Karena wilayahnya ada di pusat Kota Muarabulian,” ujarnya.

Sebenarnya, sambungnya, bicara titik- titiknya, pihaknya tidak bisa mengestimasi. Karena semua sudah ada dalam daftar.

“Dari data base itu mana-mana titiknya yang akan kita lakukan perawatan atau perbaikan. Berapa jumlahnya, ini ada semuanya dalam daftar,” kata Somad.

Masyarakat bisa melaporkan langsung bila melihat LPJU tidak berfungsi.

“Sehingga perbaikannya juga bisa segera,” ujarnya.

Masih menurut Somad, pemeliharaan secara bertahap atau berskala. Tidak bisa dilaksanakan secara serentak karena menyangkut anggaran.

“Semua sifatnya yang vital kita segerakan untuk masyarakat. Seperti lampu jalan ke desa dan tempat-tempat penyebrangan. Terus terang 70 persen banyak di wilayah DAS bermukimnya penduduk Batanghari atau menggunakan akses penyebrangan sungai, serta wilayah aset daerah di kabupaten kita,” terangnya.

Somad juga menghimbau kepada masyarakat untuk dapat menjaga keberadaan LPJU. Karena saat ini sudah banyak oknum yang tak bertanggungjawab dengan sengaja merusak. Bahkan mencuri kabel dari lampu jalan di pusat kota.

“Seperti contoh kita kemarin sudah pernah memasang penerangan di arena eks MTQ tapi kabelnya digondol maling. Lebih kurang ada seratus meter kabel kita raib. Tapi sekarang sudah kita ganti dan pasang kembali. Ahamdulillah penerangan jalan eks MTQ sudah kembali normal,” ujarnya.

“Mari bersama- sama kita jaga keamanan lampu jalan untuk kenyamanan kita bersama secara keseluruhan di Kabupaten Batanghari ini,” pungkasnya

JPN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *