Deklarasi Kampanye Aman dan Berintegritas

Malra, jurnalpolisi.id

Pemda memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan Deklarasi ini, sebagai janji dan pernyataan tegas yang menjadi bentuk komitmen kita bersama untuk menjamin agar penyelnggaran Pilkada dapat berjalan dengan aman, sukses, demokratis, jujur dan adil, yg dilandasi nilai nilai integritas.

Nilai-nilai yg akan menuntun kita dalam pelaksanaan kampanye, agar apa yg kita pikirkan, ucapkan, dan tindakan sesuai norma dan hukum yg berlaku.

Ingatlah bahwa Pernyataan dan janji yg kita tuangkan dalam naskah deklarasi ini, tidak hanya disaksikan oleh kita semua yang hadir disini dan seluruh masyarakat Maluku Tenggara, tetapi juga disaksikan oleh para Leluhur kita dan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa.

Untuk itu, Saya mengharapkan agar komitmen kiita bersama ini benar benar dapat diimplementasikan pada saat pelaksanaan Kampanye pada tanggal 25 September sampai dengan tanggal 23 Nopember 2024. Karena itulah sejatinya makna integritas yaitu konsistensi antara apa yg diucapkan dengan apa yg dilakukan.

Kampanye harus dapat menjadi instrumen yg efektif untuk menawarkan visi, misi dan program kerja dalam menjawab berbagai permasalahan yg dihadapi daerah ini.

Visi, misi, dan program kerja yg ditawarkan bisa berbeda sesuai dengan perspektif dalam melihat kondisi aktual daerah dan solusi dalam menjawab permasalahan teraebut. Kita boleh berbeda visi misi, kita boleh berbeda program kerja tetapi saya sangat yakin kita tidak pernah berbeda dalam arah dan tujuan kita untuk memajukan daerah ini dan mensejahterakan masyarakat Evav.

Berdasarkan Peraturan KPU No 2 Tahun 2024, telah ditetapkan tgl 27 Nopember sebagai hari Pencobolosan Pemilukada serentak secara nasional. Ini adalah momentum bersejarah bagi rakyat Indonesia termasuk masyarakat Maluku Tenggara, sehingga kita menjadi bagian dari sejarah tsb. Ini adalah Pesta Demokrasi rakyat, Pemilukada terbesar sepanjang sejarah bangsa ini.

Kontestasi Pilkada adalah Pesta demokrasi rakyat, dan karena ini adalah pesta demokrasi maka kita harus dapat memastikan agar pelaksanaan pesta tersebut membuat masyarakat bahagia. Syaratnya Pilkada harus aman dan dilaksanakan dengan mengedepankan prinsip prinsip integritas.

Kita harus mengubah mindset, bahwa pemilu yang awalnya dianggap sebagai ajang kontestasi politik dan perebutan kekuasaan belaka, menjadi ajang memperkuat rasa kesatuan dan persatuan dari kebhinnekaan bangsa Indonesia.

Oleh sebab itu, kita semua bertanggung jawab untuk dapat menciptakan ekosistem pilkada yang sehat.

Dalam konteks tersebut saya ingin menyampaikan hal hal sebagai berikut :

Pertama : Saya mengajak seluruh pihak terkait dan elemen masyarakat untuk berpatisipasi aktif untuk menyukseskan agenda politik sebagi kepentingan daerah dan masyarakat Evav.

Mari kita dukung pelaksanaan Pilkada dengan melaksanakan Tusi dan Peran kita secara baik, bertindak sesuai aturan, koridor dan kewenangan serta rambu rambu aturan yg telah ditetapkan.

Kedua : Ingatlah bahwa Pemilukada sebagai pesta demokrasi rakyat akan sangat menentukan masa depan daerah dan masyarakat ini kedepan.
Artinya rakyatlah yg akan menentukan siapa yg memimpin penyelenggaraan pemerintahan selama 5 tahun kedepan.

Untuk itu gunakanlah hak kosntitusional / hak pilih bapak Ibu dan basudara semua . Datanglah ke TPS TPS untuk menyalurkan suara Bapak Ibu dan Basudara semua. Pilihlah KDH dan WKDH sesuai hati nurani bapak Ibu.

Ketiga : Jaga Stabilitas keamanan dan ketertiban di daerah ini sebagai syarat utama untuk menjamin suksesnya pelaksanaan Pilkada.

Publish by (Melky_JPN)
Sumber : Infokom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *