Danrem 023/KS Pimpin Langsung Penanganan Wabah DBD dan Malaria di Pulau Tello

Sibolga, jurnalpolisi.id

Danrem 023/KS Kolonel Inf Jansen P. Nainggolan, M.Sc, meninjau langsung lokasi kejadian luar biasa (KLB) wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Malaria di Kecamatan Pulau Tello, Kabupaten Nias Selatan, pada Minggu (29/9/2024).

Dalam upaya membantu masyarakat, Danrem bersama Tim Medis Kesehatan tiba di Pulau Tello dengan membawa peralatan kesehatan, obat-obatan, dan langsung memimpin pendirian rumah sakit lapangan. Fasilitas ini didirikan guna memastikan penanganan cepat bagi warga yang terdampak wabah, sehingga penanganan bisa lebih terfokus dan efektif.

“Nantinya Satgas yang terdiri dari dokter dan tim medis Kodam I/BB akan membantu masyarakat yang terdampak wabah DBD dan Malaria ini,” ujar Kolonel Inf Jansen Nainggolan. Ia juga menekankan pentingnya sinergi antara TNI dan pemerintah daerah untuk mempercepat pemulihan wilayah terdampak.

Setelah memimpin pendirian rumah sakit lapangan, Danrem Kolonel Inf Jansen Nainggolan juga menyempatkan diri meninjau para pasien yang terdampak wabah di rumah sakit setempat serta memberikan bantuan secara langsung, baik berupa kebutuhan medis maupun logistik kepada keluarga pasien.

Danrem mengatakan aksi cepat tanggap ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat Pulau Tello yang terdampak wabah dan memastikan bahwa mereka mendapatkan penanganan medis yang optimal. Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus menjaga kebersihan lingkungan guna mencegah penyebaran wabah lebih lanjut.

“TNI AD, khususnya Kodam I/BB melalui Korem 023/KS, akan terus mendampingi masyarakat hingga wabah DBD dan Malaria ini bisa teratasi sepenuhnya,” ucap perwira lulusan AKABRI 1999 ini. Selain itu, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan instansi kesehatan terkait untuk memastikan persediaan obat-obatan dan tenaga medis tetap tercukupi selama masa penanganan wabah.(P.Harahap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *