Bupati Batanghari Hadiri Panenraya Di Kampung Baru Kecamatan Muaratembesi

Batanghari – jurnalpolisi.id

Kelompok Tani Sinar Fajar dan Sumber Mulya yang merupakan binaan Dinas Pangan Pertanian Perikanan (P3) Kabupaten Batanghari menggelar acara panen raya padi sawah tadah hujan di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Muaratembesi, Selasa (19/9/2024).

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB ini dihadiri Bupati Batanghari M Fadhil Arief. Sebagi tanda panen raya, Bupati Fadhil melakukan pemotongan batang padi bersama Dandim 0415 Jambi, perwakilan Bank 9 Jambi, Kepala Dinas P3 Batanghari Fahrizal, Camat Muaratembesi, Kapolsek Tembesi, Lurah Kampung Baru, dan para petani yang tergabung dalam Kelompok Sinar Fajar dan Sumber Mulya.

Luas sawah tadah hujan yang dikelola Kelompok Sinar Fajar dan Sumber Mulya ini mencapai 35 hektar. Diperkirakan hasil panen bisa 7 sampai 8 ton.

Ketua kelompok tani sinar fajar Noto Wiharto mengatakan mereka mengelola sawah tadah hujan sejak tahun 2016 dan merupakan lahan tidur.

Noto berharap pemerintah daerah dapat membantu akses jalan persawahan untuk membantu memperlancar akses ekonomi persawahan warga.

“Kita terdiri dua kelompok tani, seluas 35 hektar, kesulitan kami akses jalan menuju persawahan,” ujarnya.

Dihadapan kelompok tani, Bupati Fadhil mengatakan prospek petani sawah menjanjikan dan lebih bagus dari kebun sawit. Karena hasil produksinya lebih mudah dijual.

“Sebab masyarakat Indonesia makanan pokoknya beras. Dibutuhkan dalam kehidupan sehari -hari. Jadi dalam hal pemasaran sangat gampang sekali dibanding dengan hasil kebun lainnya,” ujarnya.

Fadhil juga meminta para petani sawah mengikuti perkembangan karena banyak teknologi canggih untuk meningkatkan panen dan pendapatan petani.

Fadhil juga menyoroti peran para PPL dalam melakukan pembinaan kepada petani sehingga menuai hasil yang memuaskan.

“Terima kasih kepada PPL Batanghari tangguh yang bertugas di wilayah Kecamatan Muara Tembesi ini. Jangan pernah puas dengan hasil yang sudah kita anggap sukses. Harus ditingkatkan lagi,” katanya memberi pesan.

Seorang PPL pertanian wilayah Kecamatan Muara Tembesi, Veni Arvenia mengaku bangga sebagai PPL Batanghari tangguh. Terlebih lagi bisa memberikan yang terbaik kepada semua petani di Kabupaten Batanghari khususnya Kecamatan Muaratembesi.

“Seperti hari ini, kita ikut menyaksikan panen raya. Terus terang kami (PPL) sangat senang dan bangga. (JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *