Antisipasi perilaku menyimpang remaja, Polres Semarang berikan Himbauan.

Semarang – jurnalpolisi.id

Menindaklanjuti kerawanan situasi dimalam hari, serta antisipasi perilaku menyimpang kalangan remaja di wilayah Kab. Semarang. Polres Semarang mengeluarkan himbauan Kamtibmas bagi warga Kab. Semarang.

Kapolres Semarang AKBP Ike Yulianto W, SH. SIK. MH., melalui Waka Polres Kompol Fandy Setiawan SH. SIK. MH., menuturkan Polres Semarang mengeluarkan himbauan kepada para orang tua untuk lebih ekstra memberikan pengawasan, terutama pada jam setelah pulang sekolah dan jam malam.

“Polres Semarang menghimbau kepada para orang tua untuk memberikan pengawasan ekstra kepada anak anaknya, terutama yang berusia remaja atau masih berstatus pelajar, baik SMP, SMA, bahkan SD. Berikan pengawasan saat jam jam pulang sekolah, bahkan dihimbau untuk malam hari anak anak untuk melaksanakan kegiatan dirumah. Baik kegiatan bersama keluarga, maupun kegiatan belajar mandiri.” Ungkap Kompol Fandy di Mapolres Semarang Rabu, 25 September 2024.

Menanggapi kejadian di wilayah Kec. Bandungan, Kompol Fandy menuturkan kembali bahwa fenomena ini merupakan fenomena pencarian jati diri atau transisi, bahwa perkembangan usia anak anak menuju ke usia dewasa. Dan para remaja ini akhirnya mempunyai kelompok dalam bergaul, dimana dalam berkelompok ini ada kecenderungan mencoba hal hal yang menuju kearah hal negatif.

“Melihat kejadian di Bandungan, bisa dijadikan pelajaran bagi orang tua yang mempunyai anak di usia remaja. Meskipun tidak terlibat langsung, paling tidak mengantisipasi agar tidak menjadi korban pihak pihak yang tidak bertanggung jawab.” Tambahnya.

Masih menurut Wakapolres, Polres Semarang bersama Polsek jajaran walaupun selama ini rutin melakukan giat patroli malam hari, kali ini akan meningkatkan Intensitas patroli malam. Dengan tujuan daerah daerah rawan, lokasi lokasi keramaian serta mendapati remaja yang sedang berkumpul.

Hal lain yang dilakukan Polres Semarang yaitu melakukan kegiatan himbauan di tataran sekolah, dengan tentunya melibatkan pihak sekolah untuk memberikan himbauan akan hal hal menyimpang di kalangan remaja.

“Polsek jajaran juga akan melakukan patroli di jam jam rawan menurut pemetaan di wilayah masing masing, apabila ada remaja yang berkumpul lalu ditemukan sesuatu mengarah ke kegiatan negatif. Misalnya adanya miras atau senjata tajam, langsung kami lakukan tindakan pencegahan. Namun apabila kegiatan itu positif, ya akan kami berikan himbauan kamtibmas.” Tuturnya kembali.

Kompol Fandy menegaskan Polres Semarang pada dasarnya akan terus melakukan koordinasi, baik dengan pihak lingkungan melalui Bhabinkamtibmas didampingi Babinsa setempat. Serta pihak Sekolah sekolah, dengan menggandeng Dinas Pendidikan maupun guru BK dimasing masing Sekolah.

Koordinator liputan Jateng DIY Bendoz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *