Anjing Pelacak Polres Purbalingga Rutin Lakukan Sterilisasi Pastikan Keamanan Kantor KPU dan Bawaslu

Purbalingga – Jateng , jurnalpolisi.id

Masuk tahapan Pilkada 2024, Polres Purbalingga menerjunkan anjing pelacak untuk melakukan sterilisasi di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) PurbaIingga.

Dalam kegiatan tersebut, anjing pelacak milik Unit K9 Satsamapta Polres Purbalingga melakukan penyisiran dimulai dari lokasi parkir, kemudian lorong hingga ruangan-ruangan yang diperuntukkan untuk pegawai, petugas pengamanan hingga ruang rapat dan aula.

Setiap ruangan dan sudut tidak luput dari penyisiran anjing pelacak. Hal tersebut untuk memastikan tidak ada ancaman ataupun bahaya di kantor penyelenggara pemilu selama pelaksanaan tahapan Pilkada 2024 berlangsung.

Anjing pelacak yang diterjunkan telah dilatih khusus untuk mengenali berbagai jenis bahan berbahaya. Selain itu bisa mendeteksi tanda-tanda potensi ancaman.

“Sterilisasi dilakukan untuk memastikan keamanan kantor penyelenggara pemilihan umum. Mengingat tahapan Pilkada sudah mulai berlangsung,” kata Iptu Sapto Wijiono selaku Kasubsatgas Sterilisasi Operasi Mantap Praja 2024 Polres Purbalingga.

Menurutnya, keamanan dan kondisi steril kantor penyelenggara pemilu harus terjaga. Dengan sterilisasi yang dilakukan dengan anjing pelacak, untuk memastikan kondisi aman dan tidak ada benda berbahaya di sekitar kantor.

“Kami pastikan dengan sterilisasi yang dilakukan situasi kantor KPU dan Bawaslu PurbaIingga dalam keadaan aman,” ucapnya.

Selain sterilisasi, lanjut Sapto pengamanan gedung dan lokasi di sekitar kantor tersebut juga mulai diperketat. Pengamanan dilakukan selama 1×24 jam oleh personel Polres Purbalingga yang telah ditunjuk berdasarkan surat perintah tugas.

“Dengan menempatkan petugas pengamanan di kantor penyelenggara pemilu diharapkan situasi keamanan tetap terjaga,” pungkasnya.

( Ansor JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *