Siswa SD Negeri 2 Sidabowa Belajar Sejarah Pendopo Si Panji Purwokerto

Banyumas,- jurnalpolisi.id

Sebanyak 29 siswa kelas 4 SD Negeri 2 Sidabowa, Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas melakukan kunjungan di Pendopo Si Panji Purwokerto Kamis, 8 Agustus 2024. Kunjungan bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa tentang sejarah Pendopo Si Panji. Selain diajarkan sejarah dan budaya, para siswa juga diajak berkeliling di sekitar Pendopo Si Panji yaitu Rumah Dinas Bupati, Kantor Bupati, tempat pengelolaan sampah, dan ruangan lainnya. Pada kunjungan ini para siswa didampingi oleh Guru Pendamping dan Wali Kelas.

Guru pendamping Arsi Kartika mengatakan bahwa outing class diikuti 29 siswa dan 3 guru pendamping. Menurutnya dipilihnya Pendopo Si Panji Purwokerto menjadi lokasi kunjungan untuk media belajar budaya dan sejarah di Pendopo Si Panji Purwokerto karena ada dalam mata pelajaran muatan lokal.

“Tujuan dari kunjungan ini untuk mengenalkan kepada para siswa tentang sejarah Pendopo Si Panji yang menjadi salah satu pelajaran muatan lokal yang ada di kelas 3. 4, 5 dan 6. Untuk total peserta ada 32 orang yaitu siswa kelas 4 sebanyak 29 siswa dan 3 guru pendamping” jelasnya

Para siswa diterima oleh Tim dari Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda. Mereka diberi penjelasan asal mula berdirinya Pendopo Si Panji Banyumas hingga menjadi Pendopo Si Panji Purwokerto.

“Adik-adik, nama Pendopo Si Panji berasal dari anak Adipati Tumenggung Yudha Negara II yaitu Raden Panji Gandasoebrata. Dulu itu Pendopo Si Panji terletak di Banyumas namun dipindah ke Purwokerto pada masa pemerintahan KRAA Sudjiman Mertadiredja Gandasoebrata. Alasan pindahnya karena penggabungan wilayah Kabupaten Banyumas dan Purwokerto. Selain itu juga karena luapan sungai Serayu yang menyebabkan banjir, maka dari itu pendopo dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi” jelas Pandu, Tim Penerima kunjungan.

Sementara Dinda Tim Penerima lain, menjelaskan beberapa aksesoris dan barang barang yang ada di sekitar pendopo seperti Saka Sipanji dan sejarahnya, seperangkat gamelan, bedug, Kentongan, gedung pusaka dan lain sebagainya.

Salah satu peserta Saffa, mengaku senang dengan kegiatan kunjungan yang dilaksanakan oleh gurunya ke Pendopo ini untuk mengenal lebih dekat tentang Pendopo.

( Arif JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *