Poltekkes Kemenkes Semarang Gelar Pelatihan Membuat Susu dan Es Krim Jagung

Banyumas,- jurnalpolisi.id

Prodi Radiologi Purwokerto Program Diploma Tiga Poltekkes Kemenkes Semarang terus berkomitmen untuk mengabdi kepada masyarakat melalui ilmu yang dimilikinya. Kali ini mereka menyelenggarakan Pelatihan Pengolahan Makanan Berbahan Dasar Jagung bagi masyarakat Desa Karanggintung Kecamatan Sumbang. Kegiatan digelar Minggu, 4 Agustus 2024 bertempat di Aula Desa setempat diikuti sebanyak 50 Kader PKK.

Ketua tim pengabdi yang juga Ketua Program Studi Radiologi Dartini, SKM, M.Kes mengatakan sebagai kegiatan digelar sebagai upaya pencegahan penyakit tidak menular. Menurutnya kegiatan pengabdian masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi Poltekkes Kemenkes Semarang, selain Pendidikan dan Penelitian.

“Kami salah satu program studi di bawah naungan Poltekkes Kemenkes Semarang, secara rutin melakasanakan kegiatan pengabdian masyarakat di desa mitra yaitu Desa Karanggintung, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas,” jelasnya.

Kegiatan yang bertajuk “Pelatihan Masyarakat dalam Pembuatan Makanan Olahan Berbahan Dasar Jagung sebagai Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Tidak Menular. Kegiatan tersebut digagas oleh Tim Pengabdi yang terdiri dari para dosen dan mahasiswa antara lain Dartini, SKM, M.Kes sebagai Ketua Tim Pengabdi sekaligus Ketua Program Studi, anggota tim terdiri dari Rizki Amalia, S.ST, M.Tr.ID dan dr. Feby Esmiralda, MKM serta melibatkan mahasiswa yaitu Muhammad Miftah Fahmi, Afif Surya Pangestu, dan Kenes Nataneila Noor. Kegiatan bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang alternatif makanan sehat sebagai pencegahan dan penanggulangan penyakit tidak menular, sekaligus memanfaatkan potensi tanaman jagung, mengingat Desa Karanggintung merupakan salah satu desa sentra penghasil jagung di Kabupaten Banyumas.

“Pada kesempatan ini 50 kader PKK mengikuti sesi praktik membuat susu jagung dan es krim jagung yang dipandu oleh narasumber yang berkompeten di bidang gizi makanan yaitu Ria Ambarwati, SKM, MGizi dosen Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang dan Vera Asti Rahmawati, S.Gz Poltekkes Kemenkes Yogyakarta,” tambahnya.

Kepala Desa Karanggintung Harsiyadi mengaku senang desanya menjadi lokasi untuk pengabdian masyarakat dari Poltekkes Kemenkes Semarang khususnya Prodi Radiologi Purwokerto Program Diploma. Ia berharap setelah dilakukan pelatihan pembuatan susu dan es krim berbahan dasar jagung tersebut, warga masarakat dapat meningkatkan nilai ekonomis jagung sehingga membuka peluang usaha masyarakat Desa Karanggintung.

“Mudah-mudahan Ibu-ibu PKK ini dapat mempraktekan ilmu yang didapat, untuk membuka peluang usaha dan meningkatkan kesejahteraan,” katanya.

( Arif JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *