Polres Tual: Simulasi Sispamkota Jelang Pilkada 2024

Tual – jurnalpolisi.id

Kepolisian Resor (Polres) Tual, hari ini Senin (12/08) melaksanakan Simulasi Sistim Pengamanan Kota (Sispamkota) dilapangan Lodar-El Dullah Selatan Kota Tual, Provinsi Maluku.

Sispamkota sendiri dilaksanakan jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024. Sebelumnya berdasarkan pantauan media ini, kalau kegiatan diawali dengan Apel Gelar Sinergitas 3 Pilar.

Kapolres Tual AKBP Adrian SY Tuuk S.I.K.,M.H kalau tujuan pelaksanaan simulasi Sispamkota untuk menyamakan persepsi dan cara bertindak pada saat menjelang pilkada nanti, yang tentu saja dalam menghadapi situasi kontigensi dilapangan.

“Jadi kami tau peran kami masing – masing, siapa berbuat apa dan bertanggung jawab kepada siapa,”ungkap Kapolres Tual Adrian Tuuk

Selain itu Adrian menyampaikan kalau 3 pilar yang dilibatkan pada pelaksanaan apel gelar senergitas berasal dari TNI – Polri, juga Pemkot Tual dan masih dalam pelaksanaan operasi mantap praja.

Dirinya mengingatkan agar pelaksanaan Simulasi Sispamkota, baik dari Instansi samping (TNI_Red) maupun Pemkot Tual, dan Brimob, agar melaksanakan Simulasi Sispamkota dengan sungguh – sungguh dan sebaik baiknya.

Adapun jumlah pasukan yang dilibatkan pada simulasi Sispamkota, kata Kapolres ±1000 personil gabungan dari unsur TNI, diantaranya Lanal Tual, Danlanud Dumatubun, Batalyon Nawasena 735 dan Kompi Brimob

Kegiatan juga diawali patroli rutin jelang tahapan Pilkada Serentak 2024, selanjutnya pengamanan masa kampanye, masa tenang, pengawalan kotak suara, pengamanan TPS saat pemungutan suara dan pengamanan kantor KPU saat perhitungan suara.

Pihaknya meminta seluruh anggota yang terlibat dalam pengamanan meningkatkan semangat, menjaga kebersamaan dan profesional dalam menjalankan tugas, sehingga dipastikan pesta demokrasi benar-benar jauh dari gangguan.

Optimisme mewujudkan Kota Tual yang aman dan kondusif pun, diharapkan pada pelaksanaan Pilkada serentak 2024 akan berlangsung sukses dan berjalan dengan baik.

Publish by (Melky_JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *