Polda Kepri Laksanakan Pelatihan Pencegahan Radikalisme Di Kepri: Sinergi Tni-polri Dan Masyarakat Ditingkatkan

Batam, jurnalpolisi.id

Polda Kepulauan Riau melalui Dirbinmas Polda Kepri mengadakan pelatihan deteksi dan cegah dini potensi ancaman radikalisme terorisme Yang Bertempat Di Gedung Lancang Kuning Polda Kepri, Rabu (28/8/2024).

Hadir dalam Kegiatan ini, Dirbintibmas Korbinmas Baharkam Polri, Brigjen. Pol. Rudy Syafirudin, S.I.K., S.H., Dirbinmas Polda Kepri Kombes. Pol. Wawan Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si. perwakilan Gubernur Kepri, Dandim 0316 Letkol Infanteri Roy Chandra Sihombing, perwakilan Walikota Batam, serta rekan-rekan dari Densus 88 AT, Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dosen dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, dan sejumlah mahasiswa dari berbagai universitas di Kepulauan Riau.

Dalam sambutannya, Dirbinmas Polda Kepri Kombes. Pol. Wawan Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si., menekankan pentingnya deteksi dan pencegahan dini terhadap potensi ancaman radikalisme dan terorisme. Menurut beliau, upaya ini tidak hanya dilakukan pada tingkat provinsi tetapi juga mencakup kabupaten hingga desa. Kegiatan ini bukan hanya menjelang Pilkada tetapi akan terus dilakukan sesuai dengan fungsi Binmas, yakni sebagai upaya preemtif untuk mencegah masyarakat menjadi korban maupun pelaku radikalisme dan terorismeterorisme, “Ujar Kombes. Pol. Wawan Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si.

“Melalui kegiatan ini, kita harus selalu waspada dan bekerjasama dalam memelihara keamanan dalam negeri. Menjelang Pilkada 2024 ini kita tidak boleh lengah terhadap ancaman yang dapat membahayakan masyarakat, keluarga, dan organisasi kita,” Tegas Dirbinmas Polda Kepri Kombes. Pol. Wawan Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si.

Lebih Lanjut Dirbintibmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen. Pol. M. Rudy Syafirudin, S.I.K., S.H., dalam sambutannya, menegaskan bahwa kegiatan ini telah dilakukan di berbagai wilayah seperti Polda Jawa Timur dan Jawa Tengah, sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). “Kegiatan sinergi antara TNI-Polri dan masyarakat adalah kunci dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif. Tanpa partisipasi dari semua elemen masyarakat, upaya ini tidak akan berjalan dengan optimal,” Ungkap Dirbintibmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen. Pol. M. Rudy Syafirudin, S.I.K., S.H.

“Saya Berharap Dengan dukungan dari berbagai pihak dan sinergi yang kuat antara aparat keamanan, instansi pemerintah, dan masyarakat, diharapkan upaya pencegahan radikalisme dan terorisme ini akan semakin efektif. Kegiatan pelatihan ini bukan hanya sekadar rutinitas, melainkan langkah nyata dalam memperkuat ketahanan sosial dan menjaga kedamaian di Kepulauan Riau. Melalui komitmen bersama, kita dapat membangun lingkungan yang aman, damai, dan sejahtera bagi seluruh warga, “Tutup Dirbintibmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen. Pol. M. Rudy Syafirudin, S.I.K., S.H.

Terakhir, Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., menambahkan pesan kepada masyarakat yang ingin mengadukan atau melihat peta kerawanan serta memerlukan bantuan kepolisian dapat menghubungi Call Center polisi 110 atau unduh aplikasi Polri Super Apps di Googleplay/APP Store.

(Sahril JPN/Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *