Pasukan Tunas Muda Banyumas, Mulai Latihan Intensif

Banyumas,- jurnalpolisi.id

Pasukan Tunas Muda (PTM) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Banyumas, mulai latihan intensif setiap hari di Alun-alun Purwokerto. PTM ini akan bertugas melaksanakan pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih pada Apel Besar Hari Pramuka Tingkat Kwarcab Banyumas tanggal 24 Agustus mendatang.

Ketua Dewan Kerja Cabang Banyumas Rachman Maulana mengatakan PTM merupakan salah satu Unit DKC Banyumas yang dipilih melalui seleksi ketat yang diikuti oleh ratusan pramuka penegak. Pasukan Tunas Muda Tahun 2024 sebanyak 37 orang. Mereka terdiri dari 34 Pramuka Penegak, 1 pramuka siaga, 1 pramuka penggalang dan satu pramuka pandega. Mereka melakukan latihan setiap hari mulai dari jam 07.00 s/d 15.00 WIB.

“PTM ini mulai latihan di Alun-alun sejak tanggal 12 Agustus lalu. Mereka akan bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera pada Apel Hari Pramuka Tingkat Kwarcab Banyumas Tanggal 24 Agustus 2024 di Alun-alun Purwokerto,” jelasnya.

PTM ini dilatih oleh pelatih dari Kodim 0701 Banyumas yaitu Serka Teguh Muslim Riyanto dan Serka Among Priyono dan pelatih pendamping dari Dewan Kerja Cabang Banyumas

“Mereka ditempa secara fisik, mental dan baris berbaris oleh tim pelatih ditengah teriknya matahari, agar dalam diri mereka terbentuk rasa disiplin, memiliki fisik yang prima juga jiwa nasionalisme yang tinggi,” lanjutnya.

Sebelum menjalankan tugas sebagai Pasukan Tunas Muda, menurut rencana mereka akan dikukuhkan oleh Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang pada tanggal 23 Agustus mendatang. Tradisi pengukuhan ini menjadi motivasi Pasukan Tunas Muda Kwarcab Banyumas dalam melaksanakan tugas.

( Arif JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *