Kapolsek Cambai Wakili Kapolres Prabumulih Hadiri Wisuda Lansia Harapan Bunda Pangkul yang Digelar DPPKBP3A Prabumulih

Prabumulih – jurnalpolisi.id

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kota Prabumulih menggelar wisuda Sekolah Lansia Tangguh di Gedung Serbaguna Desa Pangkul, Kecamatan Cambai, Kota Prabumulih, pada 6 Agustus 2024.

“Program sekolah lansia ini merupakan salah satu upaya pendidikan non-formal sepanjang hayat bagi lanjut usia. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, perilaku, dan keterampilan keluarga lansia dalam meningkatkan kualitas hidup mereka,” ungkap Kepala DP2KBP3A Kota Prabumulih, Eti Agustina, SKM, MSi. Program ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2021 tentang strategi nasional kelanjutusiaan.

Kepala Desa Pangkul, Jakari Yadi, SH, MM, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada 43 peserta lansia yang akan diwisuda. “Semoga para lansia yang diwisuda dapat menjadi contoh yang baik dan menjadi lansia yang tangguh dalam menjalani kehidupan,” ujarnya. Wisuda Sekolah Lansia Tangguh Harapan Bunda Desa Pangkul ini merupakan yang pertama kali di Provinsi Sumatera Selatan.

Eti Agustina menyebutkan bahwa 43 lansia tangguh yang berasal dari Sekolah Lansia Harapan Bunda Desa Pangkul telah mengikuti wisuda setelah melewati 12 kali pertemuan. “Masih banyak lansia yang belum mandiri karena berbagai keterbatasan dalam menopang hidupnya. Oleh karena itu, DP2KBP3A bersama para mitra mendirikan sekolah lansia untuk memenuhi kebutuhan layanan lansia berbasis jangka panjang, dengan mengembangkan kemampuan kognitif dan sosial mereka. Diharapkan lansia yang mengikuti sekolah ini dapat terus berkarya dan berguna bagi keluarga serta lingkungannya,” jelasnya.

“Program ini diharapkan dapat membantu lansia agar tidak menjadi beban bagi keluarga dan lingkungan mereka, melainkan dapat menopang keluarganya dan lingkungannya,” tambah Nopian.

Hadir dalam kegiatan tersebut PJ. Walikota Elman, ST, MM, yang didampingi istrinya untuk melakukan pemindahan tali toga dari kiri ke kanan, simbol perubahan cara berpikir wisudawan. Dalam sambutannya, Elman menyatakan bahwa belajar tidak ada batas usia jika didasari keinginan kuat untuk menambah pengetahuan. “Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan para lansia di Desa Pangkul ini,” ucapnya.

Kapolsek Cambai, Iptu Yogie Melta, S.Sos, mewakili Kapolres Prabumulih, AKBP Endro Aribowo, SIk, juga menyampaikan ucapan selamat kepada para peserta wisuda. “Kami berharap ilmu yang telah dipelajari selama di Sekolah Lansia Harapan Bunda dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga bisa menjadi lansia yang tangguh,” tambahnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Camat Cambai, Deni Trianza, serta tamu undangan lainnya.(Hadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *