Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah Kapolda Kepri Bersama Ketua Umum Pp Polri Dan Daerah Kepri Resmikan Gedung Baru Pp Polri Daerah Kepulauan Riau

Batam, jurnalpolisi.id

Menandai langkah penting dalam memperkuat keberadaan PP Polri di daerah Kepri, sebagai bentuk komitmen untuk mendukung pengabdian dan solidaritas di lingkungan purnawirawan Polri. Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., bersama Ketua Umum PP Polri Jendral Polisi (Purn). Drs. H. Bambang Hendarso Danuri, M.M., dan Ketua PP Polri Daerah Kepri Kombes Pol. (Purn) Drs. Basri Harun, S.H., M.H., resmikan gedung PP Polri daerah Kepri yang terletak di Nongsa. pada Rabu (31/7/2024).

Kegiatan turut dihadiri Oleh Ketua Umum PP Polri Jendral Polisi (Purn). Drs. H. Bambang Hendarso Danuri, M.M., Wakil Ketua Umum PP Polri Komjen Pol. (Purn) Drs. Makbul Padmanagara, Ketua Paguyuban AKABRI Bagian Kepolisian Angkatan 1971/Satya Brata Irjen Pol. (Purn) Drs. Darwan Siregar, M.Sc., Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam yang diwakili oleh Dirpam Aset BP Batam Brigjen Pol. Drs. Rudi Hananto Nugroho, S.H., Ketua Penasehat PP Daerah Kepri Irjen. Pol. (Purn) Drs. Darmawan, M.Hum., Gubernur Provinsi Kepri yang diwakili oleh Kepala Bapenda Kepri Diky Wijaya, S.E., M.Si., Ketua Keluarga Besar Putra Putri Polri Kepri Wistiadi Nugroho, S.T., Pejabat Utama Polda Kepri, Ketua PP Polri Daerah Kepri Kombes Pol. (Purn) Drs. Basri Harun, S.H., M.H., Ketua Penanggung Jawab Pembangunan Kombes Pol. (Purn) Drs. Gawat Supono, Kapolresta Barelang Kombes. Pol. H. Ompusunggu, S.I.K., M.Si, serta Direktur PT. Bintang Aneka Karya Sukses Alfi Chaniago turut hadir, bersama seluruh pengurus dan anggota keluarga besar PP Polri Daerah Kepri.

Dalam sambutannya, Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., menyampaikan bahwa PP Polri, sebagai organisasi kemasyarakatan yang terdiri dari para purnawirawan berjiwa “Tri Brata” dan “Catur Prasetya”, diharapkan peranannya sebagai pelopor serta benteng pertahanan. PP Polri diharapkan mampu menjembatani, memberikan saran, serta menjadi konsultan bagi Polri untuk menjadi institusi yang presisi. PP Polri telah banyak memberikan masukan berharga bagi kemajuan Polri, sesuai dengan motto “Tetap Setia” dan “Sekali Bhayangkara Tetap Bhayangkara, Sekali Berjuang Terus Berjuang”.

Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., juga menyambut baik peresmian Kantor PP Polri Provinsi Kepri sebagai langkah nyata dalam menunjang kegiatan PP Polri Daerah Kepri. Kantor ini diharapkan dapat menciptakan sarana yang nyaman dan ruang interaksi, memupuk kebersamaan dan solidaritas antara purnawirawan dan keluarga besar Polri. Dukungan dan bantuan dari para senior sangat diharapkan agar dapat memberikan masukan positif untuk pembenahan dan pembaharuan demi terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat.

Selanjutnya, Ketua Umum PP Polri Jendral Polisi (Purn). Drs. H. Bambang Hendarso Danuri, M.M., menyampaikan bahwa sejak mendapat amanah sebagai Ketua Umum pada 29 Januari 2016, kantor PP Polri Daerah Kepulauan Riau masih menumpang di rumah pribadi Pak Basri Harun di Batam Center. Sesuai kebijakan Kepala BP Batam, pada September 2022 kantor dipindahkan ke Ruko Anggrek Mas Center melalui kontrak. Alhamdulillah, sebelum kontrak habis pada September 2024, dengan izin Allah SWT, pada 31 Juli 2024, telah berdiri tegak kantor permanen PP Polri Daerah Kepri di lokasi yang sangat strategis. Ketua Umum PP Polri berharap, dengan adanya kantor ini, seluruh pengurus dapat meningkatkan semangat pengabdian, mengintensifkan program registrasi anggota, dan melakukan terobosan kreatif terkait pemanfaatan sisa lahan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota.

“Saya terus menekankan pentingnya mempedomani Tri Dharma PP Polri sebagai landasan pengabdian dan tetap setia dengan moto ‘Sekali Bhayangkara Tetap Bhayangkara’ dan ‘Sekali Pejuang Terus Berjuang’. Para pengurus dan anggota PP Polri Daerah Kepri diharapkan dapat memanfaatkan serta merawat kantor dan sarana prasarana dengan baik, memperkokoh soliditas dan sinergitas internal organisasi, menjaga legitimasi organisasi, serta memberdayakan jaringan kerja sama dengan mitra kerja terkait untuk kesejahteraan anggota,” Jelas Ketua Umum PP Polri Jendral Polisi (Purn). Drs. H. Bambang Hendarso Danuri, M.M.

Kemudian pada kesempatannya Ketua PP Polri Daerah Kepri, Kombes Pol. (Purn) Drs. H. Basri Harun, S.H., M.H., menjelaskan beberapa alasan utama yang melatarbelakangi keinginan untuk membangun kantor PP Polri di Daerah Kepri. Saat ini, anggota PP Polri dan Warakawuri di jajaran PP Polri Daerah Kepri berjumlah 858 orang, tersebar di tujuh cabang, yaitu Batam, Tanjungpinang, Karimun, Bintan, Lingga, Natuna, dan Anambas, dengan total 45 ranting PP Polri.

“Pertama, tidak adanya tempat berkumpul atau kantor yang tetap membuat para pengurus mengalami hambatan dalam bertemu untuk saling bertukar pikiran dan menyampaikan curahan hati. Kedua, ketidakadaan kantor yang tetap memaksa mereka berpindah-pindah tempat sesuai dengan lokasi yang tersedia, yang menciptakan kesan tidak baik. Ketiga, dorongan semangat dari Ketua Umum PP Polri pada acara Munas V PP Polri tahun 2021 agar PP Polri Daerah Kepri segera memiliki kantor sendiri. Keempat, keinginan yang kuat dari dirinya dan rekan-rekan pengurus, serta dorongan dari anggota PP Polri Daerah Kepri untuk memiliki tempat berkumpul atau kantor sendiri. Kelima, dukungan dari Dewan Penasehat dan Kapolda Kepri selaku pembina PP Polri Daerah Kepri. Keenam, dukungan dari Kepala BP Batam dengan dipenuhinya permohonan pengajuan lahan untuk lokasi,” Ucap Ketua PP Polri Daerah Kepri, Kombes Pol. (Purn) Drs. H. Basri Harun, S.H., M.H.

“Terakhir saya berharap agar gedung kantor PP Polri yang megah dan membanggakan ini dapat memotivasi seluruh anggota dalam memajukan organisasi. Serta saya menginginkan gedung ini menjadi pusat kegiatan yang nyaman dan ruang interaksi, yang memupuk kebersamaan serta solidaritas antara purnawirawan dan keluarga besar Polri. Saya juga berharap seluruh pengurus dan anggota dapat merawat dan memanfaatkan kantor ini sebaik-baiknya, serta memperkokoh soliditas dan sinergitas dalam organisasi demi mencapai kesejahteraan bersama dan mendukung tugas serta fungsi Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” Tutup Ketua PP Polri Daerah Kepri, Kombes Pol. (Purn) Drs. H. Basri Harun, S.H., M.H.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Ketua Umum PP Polri, diikuti dengan pemotongan pita sebagai simbol peresmian gedung PP Polri Daerah Kepri serta Foto Bersama.

Terakhir, Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., menambahkan pesan kepada masyarakat yang ingin mengadukan atau melihat peta kerawanan serta memerlukan bantuan kepolisian dapat menghubungi Call Center polisi 110 atau unduh aplikasi Polri Super Apps di Googleplay/APP Store.

(Sahril JPN/Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *