HUT Ke-79 RI Diperingati Di Kabupaten Humbang Hasundutan

Humbahas – jurnalpolisi.id

HUT (Hari Ulang Tahun) Kemerdekaan ke-79 RI tahun 2024 diperingati di Kabupaten Humbang Hasundutan dipusatkan di Lapangan Merdeka Doloksanggul, Sabtu,17/8/2024. Inspektur upacara Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE sedangkan komandan upacara Ipda Pol Romi Ginting. Teks Proklamasi dibacakan Ketua DPRD Humbahas Ramses Lumbangaol SH.

Upacara juga diikuti Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto MH, Kajari Humbahas Dr Noordien Kusumanegara, Wakil Bupati Humbahas Dr Oloan Paniaran Nababan, Pabung 0210/TU Mayor Ojak Simarmata, Hakim PN Tarutung Putri Januari Sihombing SH, Ketua TP PKK Ny Lidia Dosmar Banjarnahor, Wakil Ketua TP PKK Ny Erma Oloan Paniaran Nababan, Mantan Wakil Bupati Humbahas Marganti Manullang, Bhayangkari, Persit Kartika Chandra Kirana, TNI-Polri, organisasi kepemudaan, veteran, BUMN, BUMD, lembaga vertikal, tokoh masyarakat, tokoh agama dan dihadiri berbagai komponen masyarakat.

Jonathan Hot Barita Banjarnahor dari SMAN 1 Onanganjang tampil sebagai Komandan Pleton pengibaran bendera merah putih dengan penggerek pengibaran Jun Elul Munte, Raphael Ebenezer Panjaitan dan Franata Marvelino Siregar. Pembawa bendera merah putih Mitha Aprilia Simanullang.

Yabes Pramana Purba dari SMAN 1 Doloksanggul tampil sebagai Komandan Pleton penurunan bendera merah putih (aubade) dengan penggerek Dani Andreas Panjaitan, Arga Bram Abednego Lumbantoruan dan Gabriel Hagiosta Togatorop. Baki penurunan oleh Cahaya Santia Angela Lumbangaol. Aubade dengan inspektur upacara Kajari Humbahas Dr Noordien Kusumanegara.
Rangkaian HUT RI juga dilaksanakan penyerahan hadiah yaitu lomba futurustik/teknologi masa depan (juara 1- 6), lomba tenis meja tunggal putra dan putri (juara 1-4), lomba tenis meja ganda putra dan putri (juara 1-4), lomba bulutangkis tunggal putra dan putri (juara 1-4), lomba bulutangkis ganda putra dan putri (juara 1-4), lomba boli volli putra dan putri (juara 1-4), lomba seruling (juara 1-3) dan lomba koor guru SMP se-Kabupaten Humbang Hasundutan (juara 1-3).

Acara semakin menarik dengan tampilnya hiburan antara lain tumba massal SD, polisi cilik, tumba SD Negeri 173418 Pollung Hutapaung Utara (pemenang lomba martumba pada Hari Anak Nasional), koor guru (juara 1-3) lomba koor guru SMP se-Kabupaten Humbang Hasundutan. Juga ada karnaval futuristik/teknologi masa depan, seruling (juara 1-3 lomba seruling). Termasuk penampilan drum band 8 sekolah yaitu SMP Negeri 1 Doloksanggul, SMP Negeri 2 Doloksanggul, SMP Swasta Santa Lusia Doloksanggul, SMP Swasta HKBP Doloksanggul , SMP Swasta SRO Matiti , SD Negeri 173395 Doloksanggul, SD Swasta Santa Maria Doloksanggul dan penampilan TK Santa Maria Doloksanggul. Tidak ketinggalan ada juga digelar panjat pinang.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE dalam amanat mengatakan tema peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI 2024 adalah “NUSANTARA BARU INDONESIA MAJU”. Tema ini diusung bertepatan dengan tiga momen penting bagi Negara Indonesia yaitu penyambutan ibu kota baru di Ibu Kota Nusantara (IKN), pergantian Presidsen serta menuju Indonesia Emas 2045. Tema ini sebagai harapan bahwa Bangsa Indonesia telah berjuang untuk menyongsong hari depan yang lebih baik. Sekaitan dengan tema itu, sepatutnya masyarakat mengisi kemerdekaan dengan karya-karya nyata. Maka pemerintah dan masyarakat untuk bersinergi bersama mewujudkan Indonesia Maju. Hal ini sangat relevan dengan kemajuan Kabupaten Humbahas yang saat ini berusia 21 tahun tepatnya 28 Juli 2024 lalu.

Selama 21 tahun Kabupaten Humbahas, banyak perkembangan yang dirasakan masyarakat melalui pembangunan untuk menciptakan kemajuan dan menyejahterakan masyarakat. Berbagai capain dan prestasi sebagai bukti telah berusaha mengisi kemerdekaan dengan melakukan upaya pembangunan di segala aspek kehidupan. Ini tugas bersama untuk melanjutkan estafet pembangunan sehingga mampu menjawab tantangan, hambatan dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat secara umum. Melanjutkan pembangunan itu, harus bergandengan tangan, menggalang harmonisasi dan sinergitas antara pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat.

Bupati Humbahas mengajak seluruh masyarakat agar saling bekerja sama, bahu membahu dan bersatu padu untuk mewujudkan Kabupaten Humbang Hasundutan yang maju dan bermentalitas unggul. Pertanian merupakan salah satu sektor yang sangat prioritas dikembangkan pemerintah dengan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas produksi pertanian. Sekaligus meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani. Untuk meningkatkan produksi pertanian, pemerintah telah merealisasikan pupuk bersubsidi kepada masyarakat sejak 2016-2023 sebanyak 64.399 ton.

Pembangunan ekonomi berkelanjutan merupakan keseimbangan tiga (3) pilar yakni profit, kepedulian sosial dan pelestarian lingkungan. Orientasi pembangunan tidak hanya mengandalkan eksploitasi SDA akan tetapi juga memperhatikan pembangunan SDM dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, Kabupaten Humbahas saat ini sedang berupaya menuju Smart City (kota cerdas) untuk mengintegrasikan teknologi komunikasi guna memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Untuk mendukung dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Humbahas pada tahun 2023 lalu telah membangun dan mengoperasikan MPP (Mal Pelayanan Publik). MPP telah melayani yaitu smart governance layanan kependudukan, layanan perizinan, layanan klinik rumah swadaya, sipinsur poin untuk pariwisata, informasi pangan Humbang Hasundutan dan Humbahas go untuk pelatihan kerja dan pelaku UMKM. MPP memiliki 130 layanan publik dan sudah melayani 35.425 pengunjung sampai Juli 2024.

Pemerintah Kabupaten Humbahas juga telah membangun PLUT (Pusat Pelayanan Usaha Terpadu) untuk membantu para pelaku UMKM dalam mengurus layanan jasa, pendampingan, pembinaan dan pengembangan usaha kecil menengah. Dengan kemudahan dan dekatnya pelayanan kepada masyarakat, diharapkan adanya peningkatan kuantitas dan kualitas UMKM, sekaligus dapat mendorong dan membangkitkan jiwa kewirausahaan kalangan generasi muda. Sehingga dapat menciptakan lapangan kerja, mengurangi angka pengangguran dan mengurangi ketimpangan pendapatan masyarakat.

Bupati Humbahas juga menjelaskan, capaian pembangunan di Humbang Hasundutan berdasarkan data BPS. Bahwa angka kemiskinan 2016 adalah 9,78% dan pada tahun 2023 menjadi 8,69% atau menurun sebesar 0,19%. Angka pengangguran 2021 adalah 1,94% dan tahun 2023 berada di posisi 0,42% atau menurun 1,52%. Indeks Pembangunan Manusia (IPM), tahun 2016 berada diangka 66,56 dan 2023 IPM berada di angka 72,49% atau meningkat 5,93 poin yang merupakan kenaikan tertinggi se-Kawasan Danau Toba.

Dalam rangka peningkatan literasi numerasi siswa, Humbang Hasundutan bekerjasama dengan Prof Yohannes Surya membuat inovasi pembelajaran matematika gasing (gampang, asik dan menyenangkan). Matematika gasing ini telah diterapkan pada jenjang pendidikan dasar yaitu SD/MI dan SMP/MTs di Humbang Hasundutan. Saat ini, sudah ada 27 orang asisten trainer metematika gasing di Humbahas. Bahkan salah seorang guru SDN 175784 Tukka Toruan Pakkat atas nama Livi Yulia Sihombing sudah menjadi tutor matematika gasing dan telah diterima di program S-2 Master of Public Administration di Tsinghua University China. Universitas itu barada pada peringkat 12 World University Rangkings 2024. Tahun 2023, satu tim dari Humbahas menjadi juara 1 Olimpiade Matematika Gasing di Indonesia dan tiga orang siswa yang mahir metode gasing juga ikut ambil peran pada Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua Badung Bali.

Untuk memotivasi dan membantu siswa dan mahasiswa berprestasi, dari tahun 2017-2024 Pemerintah Kabupaten Humbahas sudah memberikan beasiswa sebesar kurang lebih Rp 23.000.000.000 (dua puluh tiga miliar) kepada siswa-siswi yang lolos ke SMA Unggul sebanyak 113 orang dan mahasiswa 404 orang yang berhasil masuk ke Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia, meliputi UI, UGM, ITB, IPB, Universitas Airlangga, Brawijaya, Padjadjaran, Diponegoro dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan lainnya.

Salah seorang Alumnus SMAN 2 Lintongnihuta Jeconiah Hebrew Pistardo Purba mendapat beasiswa Indonesia Maju pada program Mining and Mineral Engineering di Colorado School of Mines Amerika Serikat bersama dengan 94 penerima beasiswa Indonesia Maju yang berasal dari Sumatera dan akan ditempatkan nantinya di TSTH kabupaten Humbahas. Lebih membanggakan lagi, mahasiswa asal Humbahas juga menunjukkan prestasi yakni 24 orang mencapai IPK 4.0.

Pelayanan kesehatan RSUD Doloksanggul berhasil mendapat akreditasi paripurna (Bintang Lima). Keberhasilan itu diperoleh berdasarkan ketersediaan pelayanan penunjang medik mulai dari laboratorium, radiologi, forensik, endoscopy diagnostik, pelayanan farmasi, transfuse darah dan hemodialisa. Kabupaten Humbahas tetap berusaha meningkatkan capaian penjaminan kesehatan kepada semua warga agar memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Saat ini capaian Sistem Penjamin Kesehatan UHC (Universal Health Coverage), Kabupaten Humbahas 96,98%, artinya dari 205.059 jiwa penduduk Humbahas, sebanyak 198.872 jiwa dapat menikmati pelayanan kesehatan secara gratis dan terjamin kualitasnya. Terkait penanganan stunting, berbagai program telah dilakukan seperti sosialisasi kepada calon pengantin, pemberian vitamin kepada ibu hamil, ibu melahirkan dan anak-anak baru lahir atau balita. Program ini melibatkan para Bidan Desa, Pemerintah Desa, kader pembangunan manusia, Pemerintah Kecamatan dan pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemerintah Humbang Hasundutan. Berdasarkan survei status gizi Indonesia dan survei kesehatan Indonesia yang dilaksanakan Kementerian Kesehatan, angka stunting di Humbahas 2020 adalah 38% dan pada tahun 2024 ini 18,4% atau turun 19,6%.

Pada bidang sosial, pemerintah memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan berupa kursi roda 35 unit, tongkat kaki tiga 43 unit, tongkat penyangga 27 unit, walker 20 unit dan bantuan permakanan 690 orang. Pemerintah Kabupaten Humbahas juga menerima bantuan dari Kementerian Sosial berupa, kursi roda 78 unit, tongkat kaki tiga 43 unit, tongkat tuna netra 4 unit, tongkat penyangga 15 unit, kenderaan roda tiga viar 4 unit, bantuan kewirausahaan 8 paket dan bantuan permakanan 142 orang.

Bidang infrastruktur jalan, saat ini panjang jalan kondisi mantap 70,86% dari panjang jalan 891,96 km. Kabupaten Humbahas menjadi daerah dengan tingkat kemantapan jalan tertinggi di Kawasan Danau Toba. Bidang permukiman, hasil koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumut dan Pusat, rumah tidak layak huni yang telah diperbaiki sejak 2016-2024 di Humbang Hasundutan sebanyak 8.734 unit.

Berbagai perhargaan atas keberhasilan Kabupaten Humbahas juga diperolah dari Provinsi Sumut dan Pusat antara lain, Predikat “BB” 5 kali berturut-turut (2019-2023) berdasarkan penilaian Kemenpan-RB terkait Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintahan (SAKIP) dan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan adalah peringkat pertama di Provinsi Sumut. Anugerah Adipura 2 kali berturut-turut (2022-2023) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas keberhasilan Kabupaten Humbahas menjaga kebersihan lingkungan. Predikat “A” kategori sangat tinggi dengan nilai 91,45 pada 2023 berdasarkan penilaian Ombudsman RI terhadap Kepatutan Standar Pelayanan Publik. Kabupaten Humbahas berada di posisi ke-4 dari 33 kabupaten/kota di Sumut dan posisi ke 73 secara nasional, meningkat dari tahun 2022 dengan nilai 89,80. Penghargaan UHC 2024 kategori pratama yang diserahkan Wakil Presiden RI atas capaian perolehan peserta JKN-KIS 96,96 % masyarakat di daerah. Kabupaten Humbahas memperoleh raihan Akreditasi Puskesmas yang terdiri dari 9 Puskesmas meraih paripurna dan 3 Puskesmas meraih utama. Kabupaten Humbahas menerima piagam penghargaan kabupaten bebas frambusia 2023. Penilaian kreativitas dan inovasi pemerintah daerah yang didasarkan pada urusan dan kewenangan daerah dalam pelaksanaan program dan kebijakan, Humbahas mendapatkan skor indeks 52,22 dengan kategori inovatif dari Kemendagri.

Tahun 2024 ini, Kabupaten Humbahas masuk nominasi 10 besar dari 226 inovasi daerah Sumut dengan nama inovasi “Pejantan Tangguh” (Pelayanan Berkelanjutan Inseminasi Buatan dan Tekan Gangguan Reproduksi dengan Sinkronisasi Birahi). Prestasi pada kejuaraan olahraga tingkat daerah, nasional dan internasional yaitu medali perak cabang olahraga Wushu pada Asian Games Hangzhou 2022 dan Sea Games Kamboja 2023 serta peringkat 10 Pekan Olahraga Pelajar Provinsi Sumut 2024. Tahun ini juga, Pemerintah Kabupaten Humbahas mengirimkan putra-putri untuk ikut serta dalam event Pekan Olahraga Nasional ke-21 Aceh-Sumut.

Bupati Humbahas berharap seluruh elemen masyarakat terus mempertahankan dan meningkatkan dukungan, perhatian dan kerjasama dalam mensukseskan pembangunan di berbagai bidang. Dan akan berjalan baik dengan adanya dukungan yang positif dari masyarakat demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat secara bertahap dan berkesinambungan.

Hasil yang dicapai merupakan kerja keras semua pihak, baik Lembaga DPRD dan seluruh komponen masyarakat. Pembangunan belum sepenuhnya memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat, disebabkan keterbatasan anggaran dan keterbatasan kualitas SDM. Namun dengan komitmen yang teguh dan kerja keras dan serius serta didukung rasa persatuan dan kesatuan yang kokoh, secara bertahap, pasti kebutuhan masyarakat akan dapat terlayani.

Pada kesempatan itu, Bupati Humbahas menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan yang telah berkarya dan bekerja dalam penyelenggaran roda pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan. Apresiasi juga disampaikan kepada TNI, Polri, Kejaksaan dan lembaga vertikal atas sumbangsih, kerja keras. Loyalitas serta dedikasinya yang tinggi dalam mengawal masyarakat, sehingga tetap dalam situasi dan kondisi yang aman, tentram, sejuk dan kondusif. (As JPN.Hh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *