Arak-Arakan Meriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Desa Mundu Mesigit, Cirebon

Cirebon – jurnalpolisi.id

Sorak-sorai “Ayo, ayo, ayo!” terdengar riuh dari kaum ibu-ibu saat mereka memberikan dukungan kepada bapak-bapak dan remaja Desa Mundu Mesigit, Blok Kenari dan Blok Sinabe, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Sabtu, 17 Agustus 2024. Keseruan tersebut tercermin dalam antusiasme masyarakat yang berpartisipasi dalam arak-arakan untuk memeriahkan peringatan kemerdekaan RI.

Warga dari berbagai usia turut serta mengiringi arak-arakan yang menjadi tradisi tahunan. Keterlibatan bapak-bapak dan ibu-ibu menjadi momen yang dinantikan dalam perayaan ini. Kepala Desa Mundu Mesigit, Syarifuddin, menyampaikan bahwa kesuksesan arak-arakan ini tidak lepas dari dukungan pihak Muspika, serta kontribusi dari para tokoh masyarakat di Blok Kenari dan Sinabe, termasuk para pengurus RW dan RT.

“Untuk memeriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI ini, setiap RT mengadakan berbagai perlombaan dan kegiatan lainnya. Dalam arak-arakan, setiap RT membuat berbagai kreasi seperti naga, kapal laut, banteng, dan lain-lain,” ujar Syarifuddin.

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi, kekompakan, dan kerjasama warga. Selain itu, acara ini juga menjadi sarana pengembangan potensi anak-anak, melatih kesabaran, serta memotivasi mereka untuk berprestasi.

Ketua BPD Desa Mundu Mesigit, Toufik, menambahkan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh warga Blok Kenari dan Blok Sinabe ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kemerdekaan yang telah diraih selama 79 tahun.

“Alhamdulillah, warga sangat antusias dan kompak. Berbagai keterampilan yang ditunjukkan oleh anak-anak muda dari Blok Kenari dan Sinabe sangat sukses, sehingga pelaksanaan arak-arakan berjalan lancar,” ujarnya.

Toufik juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Danramil dan Polsek Mundu yang telah mengawal keamanan sehingga acara berlangsung kondusif. “Meski terik matahari menyengat, seluruh rangkaian kegiatan arak-arakan berjalan dengan lancar dan sukses,” tambahnya.

Penulis: AGUS. R
Biro Cirebon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *