Sering Terjadi Kecelakaan, Warga Desa Mekarwangi Di Lembang Minta Pemda KBB Segera Lakukan Perbaikan Jalan Dago Giri

BANDUNG BARAT, jurnalpolisi.id

Warga Desa Mekarwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) keluhkan kondisi jalan milik Kabupaten yang kian memprihatinkan.

Jalan Dago Giri kurang lebih sepanjang 7 kilometer, sedikitnya 2,5 kilometer yang menghubungkan 5 RW di Desa Mekarwangi diduga sering mengakibatkan kecelakaan.

Hal itu dibenarkan dan diungkapkan langsung oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa Mekarwangi, H. Enjang Sumpena pada saat dikonfirmasi Tim Investigasi Jurnal Polisi News, Selasa (30/7/2024).

“Beginilah keadaannya Jalan Dago Giri (sambil menunjukan jalan yang berlubang). Sebelumnya, tahun 2020 memang ada pengecoran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tapi itu masuknya ke Desa Langensari,” ujarnya.

Untuk Desa Mekarwangi sendiri, sambung H. Enjang mengatakan belum terealisasi untuk perbaikan jalannya.

“Ini Jalan Dago Giri juga, masuknya Desa Mekarwangi, kurang lebih sepanjang 2,5 kilometer itu rusak parah. Kami mohon sebagai masyarakat, apalagi saya sebagai Ketua BPD tentu sudah menjadi kewajiban saya menampung aspirasi dari warga, keluhan dari tokoh masyarakat, para RW dan Pemerintah Desa Mekarwangi sendiri, jadi kami minta diperbaiki secepatnya,” imbuhnya.

H. Enjang menjelaskan, pihaknya sudah melakukan upaya koordinasi dengan Kepala Dinas PUPR KBB, Mochamad Ridwan Evi, namun upaya tersebut belum membuahkan hasil.

“Biarpun saya sudah konfirmasi ke Dinas PUPR, katanya sudah diajukan, mudah-mudahan dapat bantuan dari Provinsi di tahun 2025. Tapi, menurut saya, kalau nunggu 1 tahun itu lebih bahaya, karena kemungkinan jalan Kabupaten bisa lebih lebih parah lagi kalau tidak segera diperbaiki,” tandasnya.

Atas kondisi Jalan Dago Giri milik Kabupaten, dia menuturkan tidak sedikit pengguna jalan yang melintas di kawasan ini sering terjatuh karena menghindari lubang.

“Jadi kebetulan warga di sini, warga kami itu banyak yang lewat, ada yang kecelakaan, karena jalannya terlalu rusak parah. Jalan itu menghubungkan 5 RW, yaitu RW 5, RW 6, RW 7, RW 8 dan RW 10,” ucapnya.

Diakhir wawancara eksklusif, H. Enjang menyampaikan, pihaknya mewakili warga masyarakat Desa Mekarwangi khususnya ke Pemda KBB meminta secepatnya Jalan Dago Giri ini perbaiki.

“Tidak di cor juga tidak apa, tapi minimal ada perawatan lah, di tambal dulu dan dipelihara karena itu masuk Jalannya Kabupaten,” tutupnya.(DRIV).

RED – TIM INVESTIGASI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *