Sempat Bilang Hal Ini Pejabat Desa Debut,: Kami Alami Sendiri di Puskesmas

Malra – jurnalpolisi.id

Sempat bilang hal ini Pejabat Desa (Ohoi) Debut, Kecamatan Manyeuw Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) saat ditemui di Langgur, Minggu (14/07/2024)

Bahwa memang benar selama ini di Puskesmas Debut pelayanan kesehatan sangat tidak relefan lagi, karena terbukti ada dua warga yang merupakan peserta BPJS Kesehatan diharuskan membayar resep obat yang diberikan

“Informasi ini saya dapatkan dari dua warga saya yang saat itu pernah berobat ke Puskesmas,”kata Pejabat (Pj) Kepala Desa (Ohoi) Debut Walter Letsoin kepada media ini

Kalau tindakan dari apa yang dialami warganya itu sudah melampoi batas, karna berobat di puskesmas debut harus membeli obat dari apotek diluar, tidak pernah diminta untuk mengambil resep (Obat_Red) dari puskesmas itu sendiri.

Dan berdasarkan hasil investigasi media Jurnal Polisi.id hal tersebut sudah berlangsung sejak bulan Januari lalu, lebih lagi ada dugaan mobil ambulans yang selama ini selalu ada nota pengisian BBM tapi kondisi mobil sudah lama tidak digunakan (Rusak_Red) bahkan sampai dua tahun lamanya.

Sedangkan masyarakat sangat mengharapkan ketika melakukan rujukan bisa dengan mudah mendapatkan pelayanan Ambulans. Nyatanya itu hanya dongeng belaka, mereka hanya menggunakan kendaraan seadanya (Angkot) jika mendapatkan rujukan ke RSU Karel Sadsuitun di Langgur untuk pelayanan antar dan jemput sebagemana peruntukanya.

Kembali kata Kepala Desa, kalau miris tindakan yang diambil,” hingga plester, cairan serta perban untuk luka-pun tidak ada,”ungkapnya menirukan dua warga yang mengalami nasib tidak menyenangkan

Bahkan didapati kalau pembayaran obat di Apotek tidak sama sekali dilakukan pengembalian uang pasien oleh puskesmas setempat, dan dibiarkan begitu saja.

Sebagai seorang Kepala Desa dirinya hanya meminta pelaksanaan kesehatan dari Puskesmas Debut kiranya diperbaiki dan kalau bisa melakukan evaluasi terhadap kinerja Kepala Puskemas dan Staf.

Dia berjanji jika dalam waktu dekat akan menemui PLT Kepala Dinas Kesehatan untuk lebih detail informasi yang diterima, bahkan jika merasa perlu dan mendesak maka akan langsung menemui Pejabat Bupati Malra untuk menyampaikan terkait peyanan kesehatan di desanya itu.

Publish by (Melky_JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *