Polsek Rupat Menjadi Narsum Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) TA. 2024/2025

Rupat – jurnalpolisi.id

MPLS adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah. MPLS dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama tiga hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran pada hari sekolah dan jam pelajaran.

Berkat komunikasi dan kerjasama yang selama ini telah berjalan dengan dengan sekolah yang ada diwilayah hukum Polsek Rupat mulai dari tingkat SD,SMP dan SMA Sederajat pada tahun ajaran 2024/2025 Polsek Rupat ikut andil dalam menjadi Nara Sumber kegiatan MPLS salah satu nya di SMP N 5 Rupat Kel. Pergam Kecamatan Rupat Kab. Bengkalis.

Kapolsek Rupat IPTU Zulkarnain Chan, S.E menyampaikan berkat Program Polsek Rupat selama ini salah satunya Program “Polisi Masuk Sekolah” dan telah membuat beberapa kerjasama (MOU) antara Sekolah dan Polsek Rupat. Kapolsek terus mendukung dan meningkatkan kegiatan tersebut melalui Unit Binmas Polsek dan Bhabinkamtibmas yang ada di setiap desa dan kelurahan untuk melakukan kunjungan dan bersilaturrahmi guna pembinaan dan harkamtibmas ke sekolah yang ada di wilayah binaannya.

Pada kesempatan tersebut Kapolsek Rupat yang diwakili oleh Ps.Kanit Binmas Aiptu Ahmad Fauzi pada momen tersebut menyampaikan kepada siswa/i yang baru beberapa hal, masalah bahaya Narkoba, bahaya, Dampak Bulyying ,Kenakalan Remaja, Dampak Bermedia sosiala yang tidak dikontrol, tentang berlalu lintas dan hal-hal lain terkait kehidupan pelajar. Aiptu Fauzi juga menekankan penting membiasakan menyapa, berkata meminta tolong dan juga berkata maaf. Kedepankan Akhlah yang baik, Adab dan etika sebagai Pelajar.
Pada kesempatan tersebut Aiptu fauzi juga meminta siswa bisa mempraktekkan bagaimana pemakaian Helm yang benar serta mengajarkan baris berbaris. Karena Pelajaran Baris Berbaris juga salah satu cara membentuk Disiplin.

Selain itu kegiatan MPLS di SMP N 5 Rupat juga mencakup :

Diskusi konseling.

Mengenalkan kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah.

Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap diskusi.

Mengajak siswa berkeliling ke seluruh area sekolah, sambil menjelaskan setiap fasilitas, sarana, dan prasarana yang terdapat di sekolah serta kegunaannya.

Menginformasikan fasilitas-fasilitas umum di sekitar sekolah. Menginformasikan kewajiban pemeliharaan fasilitas dan sarana prasarana sekolah dan fasilitas-fasilitas umum.

Kegiatan pengenalan manfaat dan dampak teknologi informasi, termasuk sanksi yang diatur dalam peraturan perundang-undangan terkait.

Kegiatan yang menjalin keakraban antar siswa dengan warga sekolah antara lain dengan permainan atau diskusi kelompok.

Beribadah keagamaan bersama, pengenalan pendidikan anti korupsi, cinta lingkungan hidup, dan cinta tanah air.

Kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah dan pengenalan tata cara membuang sampah sesuai dengan jenis sampah.

Kegiatan MPLS yang berjalan selama tiga hari tersebut berjalan dengan baik dan juga di hadiri oleh Ka UPT SMP N 5 Rupat Rita Astuti,S.Pd, Wakil Kepala Sekolah dan bapak ibu majelis guru SMPN 5 Rupat serta dibantu oleh OSIS SMP N 5.

Selama kegiatan MPLS dan sudah berjalan 3 hari ini semua pelajar dapat mengikuti dengan baik bagi mereka yang dinilai memiliki hasil
Penilaian dari majelis guru dan panitia juga mendapatkan Sertifikat dan hadiah hiburan. Serta kegiatan di tutup oleh Ka UPT SMP N 5 Rupat ibu Rita Astuti,S.Pd. dengan menyampaikan
Ucapan terima kasih kepada seluruh panitia yang sudah terlibat dalam kegiatan MPLS th ajaran 2024/2025.(Asmadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *