Polresta Banyumas Gelar Upacara Peringatan HUT Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024

Banyumas, jurnalpolisi.id

Polresta Banyumas Polda Jateng merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-78 dengan menggelar upacara di halaman apel Mapolresta Banyumas, Senin (1/7/2024).

Upacara ini dipimpin oleh Kabagops Polresta Banyumas Kompol Agus Amjat Purnomo, SH, MM, dan dihadiri oleh Pejabat Utama dan seluruh personel Polresta Banyumas.

Kabagops Polresta Banyumas dalam membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke-78. Selamat menjalankan amanah mulia untuk mengabdi pada rakyat, bangsa dan negara.

Setiap saat anggota Polri bersentuhan dengan rakyat, melindungi masyarakat, mengayomi masyarakat dan melayani masyarakat. Tapi disaat yang sama Polri juga diawasi oleh rakyat.

“Hati-hati sekarang ini segala sesuatu bisa direkam, bisa disebarluaskan, gerak-gerik Polri sekecil apapun tidak bisa ditutup-tutupi lagi. Sehingga kepercayaan pada Polri akan selalu di uji”, ungkapnya.

Kepercayaan rakyat kepada Polri pada Juni 2024, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri mencapai 73,1%. Angka ini menunjukan peningkatan dibandingkan survei sebelumnya pada Agustus 2023 sebesar 66% dan Desember 2023 sebesar 71%. Ini perkembangan baik, tapi masih harus ditingkatkan. Polri harus memperbaiki diri, melakukan reformasi-reformasi di segala lini lainya.

“Semua program pemerintah butuh dukungan Polri. Sehingga saya perlu tekankan kewenangan Polri itu besar, kekuatan Polri juga besar, hari ini harus digunakan secara benar jangan ada yang disalahgunakan, jangan lagi ada persepsi hanya tajam kebawah, tapi tumpul ke atas”, ungkapnya.

Tantangan Polri ke depan memang semakin berat, masalah kamtibmas harus dikawal ketat, penanganan isu-isu harus dikawal cepat, program prioritas nasional dan pembangunan ibu kota nusantara harus dikawal secara serius, kualitas layanan harus ditingkatkan, kejahatan dengan teknologi canggih harus diantisipasi.

Institusi Polri itu ibarat sapu lidi, masing-masing lidi harus bersih, harus lurus dan harus kuat yang harus diikat dengan semangat kesatuan dan sinergitas, Kualitas SDM harus dijaga sejak rekrutmen. Sistem promosi harus diperbaiki, sistem pengawasan harus diperketat, sistem pendislipinan harus diperkuat.

“Terakhir, jadilah Bhayangkara sejati yang mengabdi tanpa henti kepada masyarakat, bangsa dan negara untuk kemajuan Indonesia. Dirgahayu Kepolisian Negara Republik Indonesia!”, tutupnya.

( Arif JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *