Pergatsi Banyumas Terus Kenalkan Olahraga Gateball

Banyumas,- jurnalpolisi.id

Jajaran Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Kabupaten Banyumas terus mensosialisasikan dan mempopulerkan kepada masyarakat Banyumas tentang olahraga Gateball agar menjadi salah satu pilihan olahraga bagi masyarakat. Mengingat olah raga ini masih berpeluang besar untuk menorehkan prestasi, baik di kalangan muda hinga tua, dengan berbagai kategori nomor pertandingan.

Ketua Umum Pergatsi Banyumas, Alig Suhardi, S.T menjelaskan Gateball merupakan olahraga modifikasi dari permainan croquet, yang dimainkan menggunakan stick untuk memukul bola. Olahraga gateball dikenalkan pertama kali di Jepang pada tahun 1947, dengan seiring waktu kemudian menyebar ke seluruh dunia, salah satunya Indonesia.

“Gateball mulai muncul dan dikembangkan di Kabupaten Banyumas pada tahun 2015 dan diakui oleh KONI Kabupaten Banyumas pada tahun 2019 dan baru barubpada tahun 2023, Gateball pertama kalinya dipertandingkan pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Pati Raya,” jelasnya.

Meskipun Gatebal terbilang masih sangat muda di Kabupaten Banyumas, namun berbagai prestasi telah diraih oleh para atlet dari Banyumas yang tentunya di bawah naungan Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Kabupaten Banyumas. Pada ajang Pra-Porprov 2023, cabang olahraga gateball telah dipertandingkan dan kontingan gateball Kabupaten Banyumas mampu lolos ke Porprov 2023 dengan 8 kategori pertandingan.

“Pada even Porprov 2023 lalu, tim Gateball Banyumas memperoleh medali perak pada nomor pertandingan Single Putra dan medali perunggu pada beregu putra,” katanya

Selain itu, beberapa atlet Banyumas juga menjadi perwakilan kontingen Jawa Tengah pada ajang Babak Kualifikasi PON cabang olahraga Gateball pada tahun 2019 dan 2023 silam.

“Saat ini, Pergatsi Kabupaten Banyumas sedang mempersiapkan untuk Pra-Porprov 2025 dan Porprov Jawa Tengah 2026 mendatang. Sudah terdapat beberapa atlet binaan Pergatsi Banyumas baik yang senior maupun junior,” lanjutnya.

Pergatsi Banyumas membuka kesempatan untuk seluruh masyarakat Kabupaten Banyumas untuk dapat bergabung dan menjadi bagian dari Pergatsi. Mengingat kuantitas pada cabang olahraga gateball ini masih sangat sedikit, sehingga perlu pengembangan secara berlanjut

”Pergatsi Kabupaten Banyumas berharap gateball dapat terus berkembang dan membumi melalui filosofi olahraga rekreasi dan kompetisi, sehingga mampu melatih softskill disiplin pengendalian emosi diri, dan berjiwa pemimpin serta kerjasama tim yang baik,” terangnya.

Saat ini, tim gateball Banyumas memiliki homebase latihan di Lapangan Gateball Pergatsi Banyumas di Wilayah Kedungwuluh, Sawangan Banyumas.

( Arif JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *