KJJT Banyuwangi Sosialisasikan Bijak dalam Menggunakan Media Sosial di SMPN 1 Giri

Banyuwangi – jurnalpolisi.id

Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) wilayah Banyuwangi kembali menggelar edukasi jurnalistik di sekolah, kali ini materi jurnalistik disampaikan kepada pelajar SMPN 1 Giri. Kegiatan tersebut dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dengan mengangkat tema “Bijak dalam Menggunakan Media Sosial”. Sabtu (13/07/2024).

Ricky Sulivan, Ketua KJJT wilayah Banyuwangi menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu program KJJT dalam edukasi jurnalistik.

“Salah satu program KJJT adalah memberikan edukasi jurnalistik pada pelajar, supaya lebih memahami tentang literasi, yang nantinya dapat bermanfaat bagi pelajar,” ucap Ricky.

Tim KJJT Banyuwangi kali ini memberikan materi Bertemakan Bijak Dalam Menggunakan Media Sosial, digelar di aula SMPN 1 Giri dan diikuti sebanyak 370 pelajar, yang disampaikan oleh Joko Wiyono, selaku divisi hukum KJJT wilayah Banyuwangi.

Joko memaparkan tata cara penggunaan media sosial yang baik dan benar, juga dampak negatifnya jangan salah dalam menggunakan media sosial. Dalam usia pelajar setingkat SMP, media sosial sering kali digunakan untuk media komunikasi dan interaksi di dunia maya, dimana jika tidak memahami media sosial seperti FB, tiktok, Ig ataupun WA, akan berdampak buruk bagi penggunanya.

“Boleh menggunakan media sosial namun harus mengerti batasan-batasannya, seperti contohnya menyebarkan informasi bohong/Hoax, membully teman atau orang yang disebarkan, ini harus hati-hati,” paparnya.

Joko juga menyampaikan, bahwa dalam Media sosial banyak sekali manfaatnya jika digunakan secara bijak. Karena dapat menyampaikan informasi dan komunikasi, jadi gunakanlah media sosial dengan sebaik baiknya.

“Jadi gunakanlah media sosial sebagai alat untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang berguna bagi pelajar,” pungkasnya.

Selain pembekalan literasi, dalam pemberian materi ini juga disisipkan pesan anti bullying juga wawasan kebangsaan oleh Danramil 0825/02 Giri.

Dedi, selaku bagian Kesiswaan SMPN 1 Giri menyambut baik kegiatan ini, edukasi jurnalistik dan pemahaman terkait bijak dalam menggunakan media sosial memberikan dampak positif bagi pelajar.

“Kami apresiasi KJJT dalam mengisi kegiatan MPLS di SMPN 1 Giri ini, diharapkan dapat menambah literasi bagi siswa dan mengurangi dampak negatif dari media sosial juga bisa bijak dalam menggunakan media sosial,” ungkapnya. (tim)
Sumber : Humas KJJT Banyuwangi
Pewarta : Boby

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *