Kenduri Suarna Bumi 2024. Segera Di selenggarakan Oleh Pemkab Batanghari.

Batanghari – jurnalpolisi.id

Pemerintah Kabupaten Batanghari, Jambi akan menyelenggarakan Kenduri Swarnabhumi yang mengangkat tema Suku Batin 9.

Kenduri Swarnabhumi ini diselenggarakan dari tahun 2022 sampai 2023, dan di tahun 2024 ini akan digelar di Kecamatan Muara Bulian yang melibatkan lima desa dengan titik utama lokasi yaitu di Desa Muaro Singoan.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batanghari Zulpadli di Muara Bulian, Rabu mengatakan Kenduri Swarnabhumi akan menampilkan berbagai kesenian, tradisi dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Batanghari.

“Kita mengangkat kesenian tradisional, tradisi,makanan, kebiasaan masyarakat yang akan kita kembangkan, pelajari dan akan kita pahami sekaligus juga akan merawat sungai Batang Hari,” ujarnya.

Kenduri Swarnabhumi 2024 adalah rangkaian festival budaya tahunan masyarakat sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari menyoroti pentingnya kemandirian dalam melestarikan kearifan lokal sebagai warisan leluhur dengan membentuk serta menguatkan tim kurator lokal dan direktur festival lokal.

Kenduri Swarnabhumi bukan hanya sekadar festival tahunan, melainkan bagaimana masyarakat untuk memuliakan kembali Sungai Batanghari dengan terus menjaga ekosistemnya.

“Tujuan utama kenduri ini untuk mengembalikan peradaban serta melestarikan kehidupan sungai, khususnya Sungai Batanghari,” katanya.

Untuk itu, Zulpadli juga mengajak seluruh masyarakat untuk dapat memeriahkan serta menyukseskan Kenduri Swarnabhumi ini.

Melalui Kenduri Swarnabhumi ini Zulpadli mengharapkan bisa dapat membangkitkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kehidupan di sungai dan menjadi sumber penghidupan yang baik. (JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *