Kecewa Pelayanan Puskesmas, Warga: Ngambil Obat Bayar Juga

Malra – jurnalpolisi.id

Warga Desa (Ohoi) Debut Kecamatan Manyeuw, Kabupaten Maluku Tenggara kecewa terhadap pelayanan kesehatan yang dilakulan di desanya itu.

Hal itu dikarenakan pada kondisi obat – obatan yang kosong. Namun heranya lagi, mereka para pasien rawat jalan maupun rawat inap harus membelinya di Apotek terdekat.

“Kami heran saja, kami ini adalah peserta BPJS harusnya mendapatkan pelayanan berupa obat di Puskesmas,”ungkap Pasien di Debut yang enggan namanya dipublikasi Minggu (14/07/2024)

Dirinya akui kalau kondisi Puskesmas Debut saat ini sudah berlangsung lama, dimana untuk mendapatkan Obat saja harus membayar. Dan itu sangat tidak relevan akibat kurangya pasokan hingga harus mendapatkanya di luar (Apotek_Red)

Padahal jika ditelusuri lebih dalam lagi untuk kebutuhan obat – obatan telah dianggarkan pada program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dimana peruntukanya ’60 : 40 persen

Adapun juga berdasarkan Praturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 6 Tahun 2022 tentang Penggunaan Jasa Pelayanan Kesehatan dan Dukungan Biaya Operasional Pelayanan Kesehatan dalam Pemanfaatan Dana Kapitasi Jaminan Kesehatan Nasional pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Milik Pemerintah Daerah.

Walaupun sudah ada program pemerintah yang ditujukan bagi pengguna BPJS Kesehatan. Parahnya lagi setelah mengambil obat di Apotek mereka harus rela membayarnnya agar bisa sembuh dari penyakit yang diderita

Disesalkan juga bahwa uang penggati akibat kurang pasokan obat yang harus diterima karena membelinya di Apotek, itupun tak kunjung mereka terima

“Miris tidak seperti dulunya,”kata sumber dilokasi saat ditemui media ini

Dirinya meminta kepada Pj. Bupati Maluku Tenggara Drs. Jasmono agar melaukan evaluasi terhadapat konerja Kepala Puskesmas dan Staf-Nya. ()

Publish (Melky_JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *