Satgas PPKS (Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual) UNIBA Gelar Workshop

Banyuwangi – jurnalpolisi.id

Kamis pagi tanggal 13 Juni 2024 Ruang A-5 Kampus B Universitas PGRI Banyuwangi (UNIBA) telah diramaikan oleh para mahasiswa perwakilan BEM, DPM, Himaprodi, dan UKM yang akan mengikuti Workshop 6 Anti (Anti Kekerasan Seksual, Anti Bullying, Anti Intoleransi, Anti Radikalisme (Moderasi Beragama), Anti Pernikahan Dini, dan Anti Narkoba). Workshop tersebut diinisiasi oleh Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) UNIBA.

Satgas PPKS UNIBA pembentukannya dilatarbelakangi oleh Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di Lingkungan Perguruan Tinggi. Satgas PPKS di perguruan tinggi memiliki tugas salah satunya melakukan survei kekerasan seksual paling sedikit 1 kali dalam 6 bulan pada perguruan tinggi. Jika terbukti masih terdapat perguruan tinggi yang tidak membentuk Satgas PPKS, maka Kemendikbudristek akan menurunkan status akreditasi perguruan tinggi tersebut.

Tofan P. Adinata, S.Hi., M.Si. sebagai Ketua Satgas PPKS UNIBA menyatakan bahwa sejak didirikan pada tanggal 28 Maret 2024 telah dilaksanakan beberapa giat terkait diantaranya yaitu Rakor Kampus Merdeka dari Kekerasan Seksual di lingkungan LLDIKTI Wilayah VII, Penyusunan Pedoman 6 Anti, Bimtek bagi Satgas PPKS di lingkungan LLDikti Wilayah VII, dan Penetapan Duta 6 Anti.

Workshop pada hari ini mengundanghadirkan 4 narasumber yaitu Siti Napisah, S.Psi., M.Psi., Psikolog., Heriberthus Wicaksono, S.Psi., M.Pd., Psikolog, Andika Ronggo G., S.Hi., M.H., dan Firdaus Samboja, S.S. yang masing-masing berbagi bahasan tentang 6 anti. Namun demikian, juga hadir narasumber eksternal, yaitu Ahmed Kurnia Soeriawidjaja (Ketua Bidang Luar Negeri Persatuan Wartawan Indonesia/ PWI Pusat) yang kebetulan sedang berada di Banyuwangi. Pada kesempatan tersebut Ahmed yang merupakan wartawan senior Indonesia berbagi materi tentang peran media dalam PPKS.

Sementara itu, Rektor UNIBA Dr. H. Sadi, M.M., dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “Universitas PGRI Banyuwangi dengan tegas menolak segala bentuk kekerasan seksual.”Rio

Boby

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *