Polsek Caringin, TNI dan Instansi Terkait Cek Lokasi Tanah Longsor di Desa Ciderum

Bogor, jurnalpolisi.id

Akibat curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan tanah longsor melanda Kap. Cikereteg, Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor pada Sabtu, 29 Juni 2024 pukul 17.30 WIB. Kejadian ini disebabkan hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut sejak sore hari, menyebabkan jalan lingkungan mengalami retakan dan erosi.

Kronologis kejadian bermula ketika seorang warga, Ibu Yayan, yang berada di rumahnya tepat di bawah jalan lingkungan, mendengar suara gemuruh dan merasakan getaran tanah. Tidak lama kemudian, longsor pun terjadi, memutus akses jalan lingkungan di Kap. Cikereteg.

Kapolsek Caringin Akp Hendra Kurnia, S.H., M.M, melalui Bhabinkamtibmas Desa Ciderum dan Babinsa serta instansi terkait bersama warga masyarakat sekitar langsung mengambil tindakan dengan mengamankan TKP dan memasang rambu-rambu peringatan agar warga tidak melintasi area longsor. Penghuni rumah di sekitar lokasi juga telah dihimbau untuk sementara pindah ke tempat yang lebih aman.

Selanjutnya Polsek Caringin langsung berkoordinasi dengan BPBD, pemerintah Desa Ciderum, ketua RT/RW, dan tokoh masyarakat setempat dilakukan untuk menangani dampak kejadian ini. Upaya penanganan lebih lanjut akan terus dilakukan guna memulihkan kondisi di lokasi kejadian, dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.

Kapolsek Caringin AKP Hendra Kurnia mengimbau warga untuk selalu waspada terhadap potensi bencana, terutama saat cuaca ekstrem, dan segera melaporkan kejadian serupa kepada pihak berwenang, sampai berita ini diturunkan kondisi masih dalam pemantauan dikhawatirkan akan ada longsor susulan dan diperlukan kerjasama dalam hal penanganan ini sebagai keselamatan bersama.

(Kaperwil Bogor: Parlindungan,S.A.Md.Kep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *