Polres Purbalingga Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Purbalingga – Jateng, jurnalpolisi.id

Polres Purbalingga menggelar upacara peringatan hari lahir Pancasila di halaman Mapolres Purbalingga, Sabtu (1/6/2024) pagi.

Bertindak selaku Inspektur Upacara yaitu Wakapolres Purbalingga Kompol Donni Krestanto. Upacara diikuti oleh pejabat utama, para perwira dan bintara serta PNS Polri.

Wakapolres Purbalingga Kompol Donni Krestanto dalam amanat membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Isi amanat diantaranya hari ini kita memperingati hari lahir Pancasila, dimana bapak pendiri bangsa pertama kali memperkenalkan Pancasila pada tahun 1945.

“Peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024 ini mengambil tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045,” ucapnya.

Disampaikan tema tersebut mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa. Dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa dimanapun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” pesannya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial dan politik.

“Kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan hari lahir Pancasila,” katanya.

Menutup amanat disampaikan harapan semoga peringatan hari lahir Pancasila dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkani Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur dan berwibawa di kancah dunia.

( Arif JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *