“Pemerintah Raih Piala Adipura Kembali Setelah 14 Tahun, Bupati Afrizal Sintong Apresiasi Petugas Kebersihan”

Rokan Hilir, jurnalpolisi.id

14 tahun lamanya Kabupaten Rokan Hilir, kembali lagi meraih piala Adipura melalui proses tahapan-tahapan perlombaan kota bersih, sehat dan nyaman yang di adakan se Indonesia.

Untuk mendapatkan piala Adipura itu bukan segampang membalikkan kedua telapak tangan, bahkan perlu kerja keras dan kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat melalui dinas lingkungan hidup (DLH).

Apa lagi didalam persaingan untuk meraih piala Adipura melalui perlombaan kota bersih, sehat dan nyaman itu jumlahnya tidak sedikit melainkan lebih kurang lima ratus kabupaten kota, se Indonesia.

Namun di karenakan kegigihan Suwandi S,Sos yang menjabat sebagai Kepala dinas lingkungan hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir, akhirnya kembali berhasil meraih Piala Adipura untuk tahun 2023.

Perahian piala Adipura itu juga tidak terlepas kerjasama yang baik antara Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong dan Kepala dinas lingkungan hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir, Suwandi beserta seluruh jajaran petugas kebersihan dinas lingkungan hidup (DLH).

Sebelumnya piala Adipura kategori kota kecil terbersih tahun 2023 dengan upaya yang telah dilakukan untuk menjadi kota bersih sehat dan nyaman berbuah hasil berupa apresiasi dari pemerintah pusat melalui kementerian LHK dan pemerintah Provinsi Riau.

Piala Adipura diterima Kepala dinas lingkungan hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir, Suwandi S,Sos dari Kementerian LHK yang langsung diserahkan wakil Mentri lingkungan Hidup dan kehutanan pada tanggal 5 Maret 2024 kemarin, digedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK di Jakarta.

Penghargaan merupakan penghargaan yang sangat didambakan dan ditunggu sejak piala Adipura yang diraih pertama kali pada tahun 2009 yang lalu.

Pada tahun yang sama 2023, Rohil juga berhasil meraih sertifikat adipura dari Kementerian LHK dan piala dan sertifikat juara 1 terbersih Provinsi Riau tahun 2022

Bertepatan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada kamis 27 Juni 2024, dinas lingkungan hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir, memeriahkannya dan melakukan pawai sekaligus mengarak-arak Piala Adipura itu dari depan kantor BPKAD menuju ke jalan Pelabuhan Baru, ujung.

Arak-arakan itu pun disaksikan ribuan masyarakat Bagansiapiapi. apa lagi pada saat pawai itu Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong menggunakan becak hias menuju jalan Pelabuhan Baru.

Yang menjadi perhatian masyarakat lagi saat pawai itu becak hias berderet rapi disusul dengan rombongan Marching Band dan mobil kreatifitas hasil daur ulang sampah berbentuk miniatur mesjid dari botol plastik bekas karya sekolah Adiwiyata Nasional SMP Negeri 1 Bangko.

Di belakang para pawai itu mobil hias membawa piala Adipura 2023 dan sertifikat juara 1 kota terbersih se-Provinsi Riau 2022 bergerak perlahan.

Tidak ketinggalan, Group Rebana Nazifah dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir ikut memeriahkan suasana pawai serta kelompok Barongsai dari SE Sehati Bagansiapiapi dan Reog Ponorogo menampilkan atraksi budaya yang menghibur.

Dalam kesempatannya Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong memberikan apresiasi kepada seluruh petugas kebersihan yang telah bertungkus lumus membuat kota Bagansiapiapi menjadi kota bersih.

Beliau juga mengaku bahwa seluruh petugas kebersihan dinas lingkungan hidup (DLH) melaksanakan pekerjaannya dengan penuh tanggung jawab dan sepenuh hati sehingga prestasi yang luar biasa ini layak di sematkan buat mereka.

” Semoga menjadi amal ibadah kita semua. mari kita jaga kekompakan karena saat saat seperti ini sudah kita tunggu 14 tahun lamanya.” Ujarnya.

Bupati menghimbau kepada masyarakat, untuk menjaga lingkungan lantaran mengingat daerah Bagansiapiapi rawan banjir.

Selain itu Bupati juga mengingatkan bahwa menjaga kebersihan bukan hanya tugas petugas kebersihan saja tetapi tanggung jawab setiap warga.

“Dengan semangat kebersamaan dan komitmen yang kuat, kota ini berharap dapat mempertahankan prestasi Adipura dan terus menjadi contoh bagi kota-kota lain di Indonesia,” Pungkasnya.

Kabiro Panca Sitepu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *