Parade Sepeda Tua Meriahkan Pra Event Forda KORMI Jateng 2024

Banyumas,- jurnalpolisi.id

Ribuan komunitas sepeda tua meramaikan kegiatan “Parade Sepeda Tua” yang digelar oleh Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Jawa Tengah, dalam rangka memulai rangkaian Festival Olahraga Daerah (Forda) yang akan diselenggarakan pada 5-7 Juli 2024 di GOR Satria Purwokerto. Parade Sepeda Tua ini merupakan kegiatan Pra Event yang dilaksanakan Sabtu pagi, 29 Juni 2024. Acara ini diawali dengan Parade Sepeda Tua dan Fun Bike yang diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai komunitas sepeda.

Peserta parade ini berasal dari berbagai komunitas sepeda tua, termasuk Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) dari Banyumas dan kabupaten-kabupaten sekitarnya. Selain KOSTI, komunitas sepeda lain juga turut serta meramaikan acara ini.

Sementara kegiatan Fun Bike dilepas dari Pendopo Sipanji Purwokerto oleh Pj Sekda Banyumas Agus Nur Hadie, di mana PJ Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro, ikut serta mengayuh sepeda onthel hingga GOR Satria Purwokerto. Sesampainya di GOR Satria, Hanung Cahyo Saputro langsung bergabung dalam sesi senam bersama dengan para komunitas sepeda.

Hanung menyatakan bahwa kegiatan Fun Bike ini merupakan bagian dari komitmen untuk menjadikan Kabupaten Banyumas sebagai pusat kegiatan yang ramai hingga akhir tahun.

“Alhamdulillah, hari ini lancar dengan kehadiran komunitas sepeda tua yang tidak hanya dari Banyumas tapi juga dari luar kabupaten lain. Ini adalah bentuk komitmen kita bahwa Banyumas harus ramai dengan acara hingga bulan Desember nanti,” kata Hanung.

Hanung juga mengajak masyarakat Banyumas untuk mendukung Forda KORMI Jawa Tengah 2024 yang akan diisi dengan berbagai acara menarik dan gratis, termasuk Festival Keroncong di malam harinya. Ia juga mengumumkan akan ada acara Half Marathon di akhir bulan Juli yang diharapkan diikuti oleh ribuan pelari dari Jawa Tengah.

Ketua Panitia Forda KORMI Jawa Tengah 2024, Asfirla Harisanto, menjelaskan bahwa Pra Event ini bertujuan untuk memberitahukan kepada masyarakat bahwa Forda KORMI Jawa Tengah 2024 akan segera berlangsung.

“Pra Event ini adalah untuk mengabarkan kepada masyarakat luas agar mereka tahu bahwa Forda Jateng akan dilaksanakan dari tanggal 5 Juli hingga 7 Juli, dengan acara puncaknya pada 6 Juli yang akan dihadiri oleh Nella Kharisma,” jelas Asfirla.

Dalam Forda KORMI Jawa Tengah 2024, dari 40 Induk Olahraga (Inorga) yang terdaftar, 38 akan ikut serta dan 2 akan tampil sebagai eksibisi.

Ketua KORMI Jawa Tengah, Rr Maria Tri Mangesti, juga mengajak masyarakat Banyumas untuk hadir dan meramaikan GOR Satria Purwokerto pada 5-7 Juli 2024. Menurutnya FORDA kali ini menyajikan beberapa olahraga tradisional dan kreasi budaya yang menarik.

“Acara ini akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti Tari Kolosal, Pesta Kembang Api, dan Hiburan Musik Bersama,” katanya

Selain itu, penampilan dari Nella Kharisma pada Sabtu, 6 Juli 2024 pukul 19.00 WIB akan menjadi puncak hiburan.

Wakil Ketua Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Korwil Banyumas, Rusdi, mengatakan bahwa kegiatan Fun Bike ini diikuti oleh lebih dari 700 peserta.

“Harapan kami agar kegiatan ini selalu berkesinambungan dan terus berbudaya untuk bersepeda di Indonesia,” katanya.

Berbagai komunitas sepeda seperti Kompantel Protolan, Laron Kembar, dan Waras Pandawa turut meramaikan Fun Bike Pra Event Forda KORMI Jawa Tengah 2024 ini.

( Arif JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *