Margin Kios Pengaruhi HET Pupuk Subsidi

Sukabumi – jurnalpolisi.id

Harga pupuk bersubsidi di kios kios resmi memang melebihi harga eceran tertinggi ( HET ) yang sudah di tetapkan Pemerintah, namun tidak terlalu signifikan kalau dilihat dari kebutuhan petani. Tetapi yang paling menarik penyebab mengapa harga pupuk di kios melebihi harga eceran tertinggi.

Hasil penelusuran media jurnalpolisi di dua wilayah Provinsi yaitu Provinsi Banten dan Jawa Barat ditemukan beberapa hal, salah satunya yaitu distributor tidak mengirim ke kios yang ada di titik bagi atau berada di desa, sehingga kios kios harus mengeluarkan biaya extra.

Biaya extra sangat bervariasi di setiap wilayah tergantung rentang kendali ( jauh dekat) dari titik distributor ke kios, semua wilayah sama alasan nya. terkait jalan yg tidak layak di lalui dengan tonase tinggi.Jelas ini membuat ke tidak berdayaan bagi kios ( DEPOWERING ) serta selalu jadi kambing hitam.

Ditemui di kios nya di salah satu Kabupaten di Provinsi Banten yang tempat nya minta di rahasiakan dengan alasan takut di coret oleh distributor mengatakan ” kami menebus ke distributor sesuai aturan, tapi kami harus mengeluarkan biaya tambahan, yaitu biaya angkut karena distributor tidak mengirim ke kios kami, akhirnya mempengaruhi harga eceran tertinggi, jujur utuk urea jatuh di angka seratus dua puluh satu ribu dan phonska seratus dua puluh empat ribu,sementara harga ecer tertinggi seratus dua belas ribu urea dan seratus lima belas ribu jenis phonska tinggal dihitung kami kebagian apa.. ” keluh nya.Selasa 4/6/2024

Pada perinsip nya sama namun kebih rinci seperti yang di alami Sf salah satu kios di Kab Sukabumi Jawa Barat ” kami nebus ke distributor untuk urea seratus enam ribu sembila ratus dan jenis phonska seratus delapan ribu empat ratus rupiah. Karena distributor tidak nengirim langsung ke tempat kami, terpaksa kami yang ngambil dengan resiko biaya.untuk ngambil satu DO lanjut nya, kami mengeluarkan ongkos satu setengah juta per seratus enam puluh zak, silakan itung saja, sementara harga eceran semua sudah pada tahu. Jujur kami usaha bukan dinas sosial… “Terang nya. Kamis 5/6/2024

Dari dua keterangan yg beda wilayah bisa di simpul kan MARGIN kios yg harus jadi perhatian.PT Pupuk Indonesia segera ambil langkah konkrit,agar kios tidak jadi bulan bulanan pihak pihak tertentu.(Sul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *