Kegiatan Psikoedukasi Pencegahan Kekerasan Seksual, Bullying Dan Motivasi Belajar Didalam Lingkungan Ponpes Putra Al-Kausar Kecamatan Srono

Banyuwangi – jurnalpolisi.id
Kegiatan sosialisasi dan edukasi pencegahan aksi bullying serta kekerasan seksual juga digelar di wilayah Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Dalam kegiatan ini, petugas melakukan kegiatan sosialisasi di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Mubarok, Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu.

Petugas pun memberikan materi tentang pencegahan bullying dan juga saksi yang diberikan terhadap para pelakunya.

Konselor Polresta Banyuwangi Ipda Ocky Heru Prasetyo mengatakan dalam kegiatan ini petugas gencar memberikan edukasi terkait pencegahan perundungan atau bullying.

“Kami melakukan kegiatan ini agar tidak ada kasus bullying di wilayah Kecamatan Sempu,” kata Ipda Ocky Heru yang juga Kanit Reskrim Polsek Muncar tersebut pada Kamis (20/6/2024).

Beberapa materi yang disampaikan yakni jenis-jenis bulliying, karakteristik bulliying, sikap yang harus dilakukan ketika menjadi korban bulliying dan risiko hukum pelaku bulliying.

“Kami jelaskan mulai dari jenis bullying hingga saksi yang akan didapatkan bagi para pelaku,” papar Ipda Ocky Heru.

Selanjutnya petugas juga memberikan ruang tanya jawab serta melaksanakan game yang bertujuan terciptanya solidaritas dan kekompakan dengan teman lainnya.

“Para santri ini sangat antusias mendengarkan apa yang disampaikan oleh petugas,” terang Ipda Ocky.

Dengan demikian diharapkan tidak ada aksi bullying yng terjadi di ponpes tersebut. Selain itu, petugas juga melakukan koordinasi dengan pengelola ponpes agar lebih intens mengawasi para santrinya.

“Kami juga memberikan wawasan kepada pengelola ponpes agar melaporkan kepada polisi jika terjadi aksi bullying,” ujarnya.

AKP Nanang Wardhana mengatakan pihaknya akan terus melakukan kegiatan ini karena hal ini menjadi atensi dari Polresta Banyuwangi.

“Kagiatan ini dilakukan untuk mengurangi kasus bullying yang saat ini marak terjadi khususnya di lingkungan pondok pesantren dan sekolah,” pungkasnya.

Perlu diketahui Polresta Banyuwangi serempak pada Kamis (20/6/2024) menggelar kegiatan psikoedukasi di 12 ponpes dan sekolah di Kabupaten Banyuwangi. Harapannya tak ada lagi kasus bullying di Bumi Blambangan.

Boby

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *