Dandim 0825/Banyuwangi Pimpin Upacara Bendera Di Makodim 0825/Banyuwangi

Banyuwangi, 19 Juni 2024 – jurnalpolisi.id

Dandim 0825/Banyuwangi Letkol Arh Joko Sukoyo, S.Sos. M. Han. memimpin Upacara Bendera 17-an yang diselenggarakan di Makodim 0825/Banyuwangi, Jalan RA. Kartini No.02, Kelurahan Kepatihan, Kabupaten Banyuwangi. Upacara ini berlangsung dengan khidmat dan penuh semangat patriotisme.

Pejabat upacara yang hadir antara lain:

  • Inspektur Upacara: Letkol Arh Joko Sukoyo, S.Sos, M. Han, Dandim 0825
  • Perwira Upacara: Kapten Inf Sumitro Sujatmiko, S.E, Pasiter Kodim 0825
  • Komandan Upacara: Kapten Inf I Ketut Sukranata, S.Sos, Danramil 0825/Kalibaru
  • Pembawa Acara: Serma (K) Rika Iriyani, S.A.P
  • Pembaca UUD 1945: Personel Koramil 0825/20 Songgon
  • Pengucap Sapta Marga: Personel Koramil 0825/14 Kabat
  • Pembaca Panca Prasetya: PNS Khoiruddin
  • Pengibar Bendera: Personel Koramil 0825/14 Kabat

Personil yang berpartisipasi dalam upacara terdiri dari jajaran Perwira dan Staf Kodim 0825/Banyuwangi, personil Subdenpom V/3-3 Banyuwangi, personil Kodim 0825/Banyuwangi, dan PNS Kodim 0825/Banyuwangi.

Dalam amanatnya, Letkol Arh Joko Sukoyo menyampaikan pesan dari Pangdam V/Brawijaya. “Upacara Bendera 17-an yang kita selenggarakan setiap bulan ini jangan dijadikan sebagai rutinitas dan seremonial semata. Namun, harus dimaknai sebagai perwujudan penghormatan kepada para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raganya sebagai Kusuma Bangsa, sekaligus sebagai sarana komunikasi antara pimpinan, staf, dan anggota agar setiap kebijakan, petunjuk, dan informasi dapat terdistribusikan serta dipahami secara seksama,” ucapnya.

Lebih lanjut, Letkol Arh Joko Sukoyo menyampaikan terima kasih kepada seluruh prajurit dan PNS Kodam V/Brawijaya atas dedikasi dan pengabdian yang telah ditunjukkan. Ia mengajak semua untuk terus bekerja keras, menjunjung tinggi disiplin, dan mengabdi dengan setulus hati demi kejayaan TNI AD dan keutuhan NKRI.

“Agar program kerja dan anggaran berjalan sesuai dengan kebijakan dan prioritas, perlu saya tekankan beberapa hal sebagai berikut. Dalam bidang pengawasan, tingkatkan pelaksanaan sistem pengawasan internal (SPI) dalam pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran TA 2024 di satuan masing-masing,” ucapnya.

Dalam bidang perencanaan, realisasi anggaran Kodam V/Brawijaya sampai saat ini telah mencapai 50,92%. “Agar dipertahankan dan ditingkatkan dengan tetap mempedomani rencana penarikan dana yang telah dibuat,” ujarnya.

Dalam bidang intelijen, lakukan tindakan pencegahan agar praktik perjudian offline maupun online dan tindak pelanggaran hukum lainnya tidak terjadi di satuan masing-masing.

Dalam bidang operasional, tetap memelihara kesiapsiagaan satuan untuk menghadapi setiap dinamika situasi yang terjadi dan terus memelihara serta membina fisik prajurit di satuannya sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Dalam bidang personalia, agar para Dansat menyiapkan prajuritnya yang akan mengikuti seleksi pendidikan alih golongan maupun Seldikjab secara maksimal serta menekankan kepada seluruh prajurit dan PNS yang anggota keluarganya mengikuti rekrutmen agar dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

Dalam bidang logistik, optimalkan kinerja Tim Gugus Tugas penghematan listrik dan air satuan sehingga penggunaannya sesuai dengan norma indeks yang berlaku di lingkungan Kementrian Pertahanan dan TNI.

Dalam bidang teritorial, waspadai kemungkinan terjadinya bencana alam dan krisis pangan. Laksanakan mitigasi serta percepatan program pompanisasi dan pipanisasi dalam rangka ketahanan pangan di masing-masing wilayah.

“Prajurit Kodam V/Brawijaya harus berperan aktif dan selalu dapat memberikan solusi bagi masyarakat,” pungkasnya.(Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *