Bangun Kesadaran Masyarakat, Satlantas Polresta Bandung Kerja Bakti

Bandung- jurnalpolisi.id

Kesadaran warga untuk membuang sampah pada tempat yang sudah ditentukan rasanya masih jauh dari harapan. Terbukti, cukup lama sampah di kawasan Jalan Bhayangkara, Soreang, Kabupaten Bandung, tepatnya tidak jauh dari Markas Komando Polresta Bandung dibiarkan menumpuk.

Selain merusak pemandangan bagi warga atau pengendara yang melintas, tumpukan sampah tersebut juga mengeluarkan bau tak sedap. Kondisi itu setiap hari dirasakan warga yang melintas ke lokasi tersebut.

Melihat hal tersebut, jajaran Satlantas Polresta Bandung berinisiatif melakukan kerja bakti memberihkan sampah di lokasi itu, Senin 24 Juni 2024. Para personel satlantas dibantu warga sekitar antusias gotong royong membersihkan secara manual dan mengumpulkan sampah-sampah ke dalam plastik besar.

Untuk diketahui, lokasi itu sebenarnya bukan merupakan tempat pembuangan sementara (TPS). Namun, sering kali banyak warga atau pengendara motor yang sengaja membuang di sana. Dinas terkait pun seperti tidak berdaya, karena tumpukan sampah terus terjadi meski sudah dibersihkan.

Dari informasi yang dihimpun sampah-sampah itu sengaja dibuang oleh warga sambil lewat menggunakan kendaraan. Tengah malam dan subuh menjadi waktu yang kerap dipakai oknum warga yang tidak bertanggung jawab untuk membuang sampah di sepanjang Jalan Bhayangkara itu.

Kasatlantas Polresta Bandung, Kompol Galih Apria menjelaskan, selain untuk kebersihan lingkungan, aksi bersih-bersih ini juga untuk menekan penyebaran penyakit. Gerakan ini juga sebagai upaya Bakti Peduli Kebersihan Polri dan warga dalam rangkaian HUT Bhayangkara Ke-78.

“Ini kalau kita biarkan menggunung bisa mengganggu kenyaman warga yang akan ke Mako Polresta Bandung. Paling tidak kita sudah berupaya untuk menghentikan penyakit menular atau bahaya lainnya akibat tumpukan sampah ini,” ujar Galih.

Tak hanya dengan warga, kata Galih, pihaknya juga dibantu oleh kelompok pecinta lingkungan dalam pembersihan tumpukan sampah itu. Bahkan, pihaknya sebenarnya sudah memasang spanduk larangan membuang sampah di sepanjang jalur tersebut. Meski demikian, spanduk itu seperti tidak diindahkan dan warga tetap membuang sampahnya di sana.

Kami berharap warga di sekitaran sini untuk ikut menjaga lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan. Paling tidak kita mencegah penyakit menular dan baunya juga sudah menyengat dan kesehatan bisa terganggu gara-gara ini,” kata Galih.

Ia pun memastikan, aksi bersih-bersih sampah oleh pihak kepolisian dari Polresta Bandung ini tidak hanya di Jalan Bhayangkara saja, tapi juga menyasar wilayah lainnya.(Tanjung Hamirzen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *